Ribuan Warga kalikotes Nyemplung Embung Gemblegkan. Rayakan pesta Ikan.

Siktar 15.000 warga masuk ke embung berburu ikan
Klaten mattanews.com -  Sekitar 15 ribu warga sekitar wilayah kecamatan Kalikotes Klaten, Jawa Tengah, khusunya warga desa Gemblekan dan sekitarnya Minggu ( 30/8) memenuhi embung Gemblegkan yang ada di desa Gemblegkan untuk merayakan panen ikan setahun sekali. Embung dengan luas sekitar 1hektar tersebut dipenuhi warga yang ingin mencari ikan dengan cara diatangkap.
Bagi yang takut air cukup nonton dipinggir embung
Panen ikan yang juga merupakan pesta ikan untuk rakyat yang diadakan setahun sekali, untuk tahun ini saangat spesial dibaning tahun lalu. Karena selain ditambah sekitar 5 kwintal ikan yang diperebutkan, juga dihadiri wakil Bupati Klaten Hajah Sri Hartini yang juga calon Bupati Klaten yang diberi kesempatan untuk membuka secara resmi pesta ikan rakyat. Ikut larut dalam kesenangan warga, wakil Bupatipun dengan senang hati membuka dompet pribadi untuk memberi sedikit bingkisan bagi anak anak yang tidak berhasil menangkap ikan di kolam.
Prosesi kirab ikan Bawal master seberat 2 kg
Sebelum acara dimulai terlebih dahulu diadakan kirab ikan master berpita yang akan dijadikan maskot berhadiah. Ikan seberat 2 kilogram ini untuk selanjutnya dilepas wakil Bupati Klaten Sri Hartini untuk diperebutkan. Bagai mereka yang berhasil akan mendapat hadiah berupa, sepeda gunung, HP, serta berbagai hadiah hiburan lainnya.
Wakil Bupati Klaten hajah Sri Hartini menyerahkan hadiah utama pada peserta
Dalam kesempatana tersebut wakilBuapati Klaten meminta agar kedepan, pihak desa melakukan koordinasi yang lebih matang lagi dengan instansi terkait, dalam hal ini dinas Pariwisata dan perikanan, agar pesta ikan atau panen ikan rakyat ini dapat dijadikan komiditi wisata yang mampu menggerakkan ekonomi rakyat sekitarnya.
Wakil Bupati Klaten bersama Camat Kalikotes, bu lurah dan Ka.Disnakertrans
“Acara ini bagus dan saya mendukung penuh untuk diadakan setiap tahun sekali. Namun alangkah baiknya jika panen ikan rakyat ini dikemas lebih baik lagi dan tidak hanya sehari. Panen ikannya diembung dijadikan puncak acara. Ini yang harus dikoordinasikan nantiya”, ujar Hajah Sri Hartini (tev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...