Puluhan Massa Demo,Tuntut Pembukaan KPU. Dalam Peragaan Antisipasi Kerusuhan Pilkada.

Pasukan reaksi cepat penghalau massa Polres Klaten
Klaten Mattanews.com – Gelar pasukan guna pengamanan jalannya Pilkada di Klaten di Gelar Polres Klatn di halaman depan Mapolres Klaten Jawa Tengah. Peragaan yanag dilakukan anggota Polres Klaten mempertunjukkan kesiap siagaan anggota Polres dalam menangani setiap kemunginan terjadinya huru hara atau tindak anarkis ketika massa salah satu pendukung tidak puas dengan keputusan KPU dan jago yang diusungnya tidak terpilih.

Puluhan massa mendatangi kantor KPU Klaten,  mereka   menuntut   KPU dibubarkan  karena dinilai tidak menghargai  pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya di salah satu TPS kelurahan Bareng Klaten Tengah.    Awalnya puluhan warga datang ke TPS dengan membawa surat undangan resmi  untuk mencoblos, karena  waktu pencoblosan sudah habis  petugas TPS tidak mengizinkan dan  mereka mendatangi kantor KPU klaten dengan membaawa massa yang lebih banyak.

Petugas polres berhasil memukul mundur massa setelah pasukan brimob mencoba membubarkan massa dengan menyemprotkan gas air mata.  Kejadian ini merupakan hasil simulasi penanganan sengketa pilkada yang dilakukan jajaran polres Klaten di halaman mapolres setempat seusai melakukan gelar pasukan operasi mantab praja,  Rabu 26/8/2015.
Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo
Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo menjelaskan  situasi yang baru saja diperagakan ini merupakan langkah akhir apabila tahapan preemtif belum bisa menyelesaikan masalah. Kepolisian memberlakukan standar operasional prosedur (SOP)pengendalian massa yang diawali dengan masyarakat yang tidak puas kemudian menuntut dengan membawa masa yang lebih banyak.

“ langkah awal yang kami lakukan menerjunkan dalmas awal dan negosiator , jika belum berhasil disusul dengan penerjunan dalmas  lapis ganti dan terakhir dalmas lintas ganti dari Brimob lengkap dengan water canonnya”jelasnya.

Kapolres menuturkan tujuan dilakukan simulasi ini untuk menghadapi situasi kontijensi selama pelaksanaan operasi mantab praja pengamanan pilkada yang dimulai 27 Agustus .  Menurutnya dalam pengamanan pilkada ini kami telah menentukan target operasi yang akan kami amankan seperti KPU, target orang seperti anggota KPU, anggota panwaslu pasangan calon dan sebagainya.
“untuk target operasi tempat meliputi gedung KPU, pemerintah daerah, obyek obyek vital dan sebagainya”tuturnya.
Simulasi pengamanan Pilkada Klaten
Kapolres menambahkan untuk anggaran pengamanan pilkada jajaran kepolisian mendapatkan jatah anggaran sebesar 1,2 Milyar dan direncanakan cair pada minggu ini. Anggaran tersebut akan didistribusikan kepada seluruh anggota per tahapan.

“yang melekat terus untuk kami amankan yaitu pasangan calon, kantor KPU kantor panwaslu, kemudian untuk pengamanan setiap tahapan pilkada seperti kampanye ,pengamanan di TPS, pengamanan di kecamatan , PPK , perhitungan di KPU sampai nanti tahap akhir”imbuhnya(run/red).
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...