Awas 3 Penyakit di Musim Kemarau

warga sekitar SMN II Klaten ikuti baksos
Klaten Mattanews.com
- Penyakit bisa datang kapan saja. Tak hanya di musim hujan, memasuki musim kemarau seperti saat ini ada beberapa penyakit khas yang sering mendera masyarakat. Menurut Direktur pelayanan Rumah Sakit Cakra Husada Klaten dr. Leny Rahmawati paling tidak ada tiga penyakit yang perlu diwaspadai saat musim kemarau.

Ketika hujan lama tak turun jumlah debu yang ada di sekitar kita lebih meningkat. Hal ini berpotensi menyebabkan debu mengiritasi saluran pernapasan yang kemudian menjadi infeksi saluran pernapasan (ISPA).“Beberapa penyakit seperti batuk pilek merupakan efek dari banyaknya debu yang meningkat saat musim kemarau,” jelasnya saat ditemui di kegiatan baksos dalam rangkaian kegiatan perayaan hari jadi SMAN 2 Klaten yang ke-50, Jumat (14/8).

Untuk mencegah hal ini terjadi lanjutnya, penggunaan masker disarankan saat sedang di jalanan, misalnya saat mengendarai motor. Pastikan juga rutin membersihkan rumah sehingga kondisi tetap bersih minim debu.

Penyakit kedua yang sering menghampiri di musim kemarau adalah diare,  banyak pasien yang datang kepadanya dengan keluhan ini pada beberapa waktu terakhir ini. Musim kemarau membuat kualitas air jadi terganggu sehingga pasokan air jadi terbatas. Ini membuat pencucian bahan mentah maupun peralatan makan jadi terbatas,  selain itu jumlah debu yang banyak menyebabkan makanan, terutama di pinggir jalan, mudah terkontaminasi debu.“Kondisi yang kurang higienis ini sangat berpotensi sekali memicu terjadinya penyakit diare,” ungkapnya.

Penyakit ketiga yang juga kerap terjadi di musim kemarau yakni demam berdarah, sebenarnya ini penyakit yang datang dalam setiap tahun baik sebagai lanjutan dari musim penghujan. Menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu cara agar terhindar dari penyakit ini. “Potensi serangan penyakit lebih aman di musim kemarau daripada musim penghujan, karena penyebaran penyakit di musim penghujan lebih ganas dikarenakan kondisi lingkungan sangat lembab,” imbuh dr Leny.

Kegiatan baksos pemeriksaan dan pengobatan gratis ini selain dimanfaatkan para guru dan karyawan maupun siswa-siswi SMAN 2 Klaten juga dimanfaatkan masyarakat sekitar sekolah. Selain baksos juga diadakan kegiatan donor darah dari PMI Cabang Klaten. (pras)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...