Joko Sawaldi "Geret Gerbong". Edy Hartanto Komandan Kepegawaian Pemda Klaten Yang Baru.

Joko Sawaldi saat diambil sumpahnya dalam pelantikan Sekda Klaten
Klaten Mattanews.com -  “Si Kuda Hitam” Joko Sawaldi, Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Pemkab Klaten Jawa Tengah akhirnya resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten Selasa (30/6) oleh Bupati Klaten H.Sunarno. SE. Namun naiknya anak Pedan ini tidak sendiri, Joko Sawaldi akhirnya “menggeret” gerbong mutasi beberapa pejabat eselon IIB dari 22 jabatan eslon IIB yang ada di jajaran Pemkab Klaten. Edy Hartanto yang semula menjabat sebagai asisten II Sekda kini memegang tongkat komando di Badan Kepegawaian Daerah Klaten. Sementara sang inisiator perubahan pembangunan di Klaten yakni Bambang Sigit Sinugroho yang semula menjabat sebagai orang nomor satu di Bapeda masuk menjadi Asisten I Sekda.

Naiknya mantan Camat Cawas ini memang cukup membuat banyak pihak tercengang, apalagi yang bersangkutan selama ini tidak termasuk dalam bursa kadindat Sekda Klaten. Namun perannya sebagai kuda hitam dinilai beberapa kalangan tepat. Kemunculannya mampu meredam ketegangan yang selama ini terjadi di jajaran elite Pemda Klaten.
Joko Sawaldi Sekda Klaten yang baru.Namanya sempat ketlisut dari bursa pencalonan.
Seiring pelantikan Sekda Klaten yang sudah hampir 4 atahun “dibiarkan” kosong, Bupati Klaten juga melantik 8 pejabat eselon IIB , 10 eselon III dan 8 pejabaat di eselon IV. Delapan pejabat yang dilantik dalam kesempatan tersebut antara lain, Drs Bambang Sigit Sinugroho MM yang semaula Kepala Bapeda menduduki pos baru sebagai Asisten I Sekda menggantikan Drs. Purwanto Anggoro Cipto. M.Si yang kini menduduki jabatan Asisten II Sekda.

Sementara Edy Hartanto SH.MM yang tempatnya di isi Purwanto Anggono kini menduduki jabatan baru sebagai Komandan di Badan Kepegawaian Daerah. Drs Sartiyasto MM plt Sekda yang juga asisten III Sekda harus keluar beteng berkantor di jalan Pemuda Tengah mengawal Disperindagkop Klaten. Sementara orang nomor satu di Disperindagkop Sugeng Hariyanto menjadi kepala Dinas Sosial, tenaga kerja dan transmigrasi menggantikan Drs Slamet Widodo MM.
Edy Hartanto.SH.MM Kepala BKD Klaten yang baru
Slamet Widodo mengisi jabatan Kepala Satuan Polisi pamong Praja yang selama ini kosong. Sedang Kepala Dinas Dukcapil yang ditinggal Joko Sawaldi diisi Drs. Widya Sutrisna M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai staf ahli Bupati. Sedang Kepala BPBD Klaten Sri winoto menduduki pos baru di Asisten III Sekda.    

Pergeseran yang terjadi ini belum menuntaskan masalah kekosongan jabatan di eselon II B yanag ada di jajaran Pemkab Klaten. Karena hingga saat ini masih ada 4 posisi kepala Dinas yang dibiarkan kosong. Yakni Bapeda, Bapermas, Dinas Kesehatan dan BPBD serta satu jabatan eselon IIB yakni staf ahli yang ditinggalkan Widya Sutrisna.

Apakah 4 jabatan kepala dinas tersebut akan dibiarkan kosong hingga terpilih Bupati baru atau akan diisi setelah ada “pelamar” yang berani “menawar” dengan harga berapa, semua masih gelap. Yang jelas di Klaten pepatah “JER BASUKI MOWO BEO” masih diugemi dan berlaku. Bagaimanapun Sekda adalah jabatan semi politis yang memiliki peran sentral yang strategis. Maka jangan heran jika terpilihnya Joko Sawaldi juga ber aroma politis. (tev)  

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...