Bhakti Adhyaaksa ke 55, 6 Gunungan Hasil Bumi diarak dari Mapolsek Kota ke Kantor Kejaksaan Klaten.

Gunungan hasil bumi di HUT Bhakti Adhyaksa ke 55 Klaten
Klaten Mattanews.com - Untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dan sebagai simbol kesuburan kaputen Klaten,Jawa Tengah dalam puncak peringatan hari Bhakti Adhyaksa ke 55, Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten menggelar Tradisi Arak Gunungan. Sebanyak enam gunungan yang terdiri dari hasil bumi tersebut diarak dari Mapolsek Kota Klaten menuju Ke Kantor Kejari Klaten, Rabu Pagi (22/7). Aneka buah mulai dari nanas, anggur,jeruk apel, salak serta aneka jajanan ditata rapi hingga berbentuk gunung setinggi 1,5 meter. Dipuncak gunungan seberat lebih dari satu kwintal tertulis nama nama bidang tugas masing masing, sepeti intelejen, pidana, perdata daan lainnya.


Dalam sambutannya, Ketua Panitia hari Bhakti Adhyaksa ke 55 Kejari Klaten yang juga merupakan Kasi Pidum Kejari Klaten, Slamet Haryadi, mengatakan  dengan arak-arakkan gunungan ini merupakan simbol kesuburan wilayah Klaten. Selain itu dengan gunungan tersebut diharapkan masyarakat semakin mendekatkan antara Kejari dengan Masyarakat. “gunungan dari hasil bumi ini merupakan simbol kesuburan tanah di Kabupaten Klaten. selain itu juga untuk menjalin kebersamaan kajari dengan masyarakat serta untuk mengangkat budaya lokal yaitu budaya jawa ini,” ungkap Slamet.

Kasi Pidum Kejaksaan Klaten Slamet Hariyadi
Sebelum diarak, salah satu dari enam gunungan tersebut di do’akan di Makam Pahlawan Klaten. Selanjutnya Gunungan Kejari, Gunungan Pembina, Gunungan Intelejen, Intelejen Pidana Umum, Pidana Khusus dan Gunungan Pembina tersebut diarak dari Mapolsek Kota Klaten menuju Kantor Kejari Klaten. Setelah dilaksanakan serah terima dari Ketua Panitia Ke Kejari Klaten, Gunungan tersebut langsung diperebutkan oleh Puluhan Warga yang sudah berkumpul di halaman Kantor Kejari.Dalam waktu sekejap, keenam gunungan tersebut habis “dirayah”.


Lebih lanjut Slamet menjelaskan, sebelum acara puncak arak-arakkan gunungan ini Kejari Klaten telah melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya, bhakti sosial donor darah, pemasangan alat kontrasepsi dan pemeriksaan gratis pada tanggal 5 Juni, Lomba anak-anak dan olah raga pada 12 Juni dan Bhakti Sosial serta pengajian pada tanggal 2 Juli.  “arak-arakkan gunungan ini merupakan acara puncak dari Hari Bhakti Adhyaksa ke 55. Sebelumnya telah ada berbagai agenda untuk memeriahkan Hari Bhakti Adhyaksa ini,” ujarnya. (R1/red).


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...