Arus Balik Mulai Terasa.Terminal Bus Buntalan Klaten Dijejali Penumpang Jurusan Jakarta.

Terminal Bus Buntalan mulai dipadati arus balik jurusan Jakarta dan sekitarnya.

Klaten Mattanews.com -  H+ 4 lebaran Selasa (21/7) arus balik tujuan Jakarta dan kota besar lainnya mulai terasa. Terminal bus Buntalan Klaten Jawa Tengah, yang biasanya sepi penumpang, kini dijejali ribuan penumpang yang akan kembali ke beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Tangerang, Bogor, Medan, Surabaya dan lainnya. Namun ditengah penuhnya calon penumpang yang akan menggunakan jasa bus, keluhan justru datang dari para PO.Bus yang mengaku sepi penumpang. Beberpa pemilik PO Bus mengatakan lebaran kali ini omset penumpang turun hingga 200 persen dibanding lebaran tahun lalu.

Beberapa agen bus jurusan Jakarta mengatakan saat ini setiap harinya hanya mampu memberangkatkan 1 armada bus jurusan jakarta. Padahal tahun lalu setiap hari bisa memberangkatkan 3 armada busnya dengan tujuan sama. Bahkan saking sepinya, untuk memenuhi bangku penumpang agen harus relatif kerja keras merayu calon penumpang.” Saat ini sepi mas. Turunya hampir 200 persen dibanding tahun lalu. Sekarang saya hanya mampu memberangkatkan 1 armada bus setiap hari dengan kapasitas 43 tempat duduk”, ujar salah satu petugas agen bus Gajah Mungkur.

Harga tiket bus non ekonomi saat ini mencapai Rp 300.000 hingga Rp 400.000 dengan tujuan Jakarta. Sedang untuk tujuan Klaten – Bogor Rp 240.000 hingga Rp 250.000. Tujuan Bandung Rp 250.000 hingga Rp 270.000. Kenaikan harga tiket mencapai lebih dari 100 persen. Karena untuk hari biasa tiket ke jakarta hanya Rp 135.000 (biasa) dan Rp 165,000 bus AC plus toilet.
Agen Bus Murni Jaya melayani berbagai jurusan
Sementara itu untuk Agen Bus Murni jaya yang mampu memberangkatkan 3 armada busnya, mengatakan untuk tiket Jakarta – Pulogadung Rp 300.000 (AC PATAS), Jakarta – Merak Rp 350.000 (AC Toilet).”Untuk sekarang kita jarang memberangkatkan bus biasa mas. Semua bus yang kami oprasionalkan kelas VIP , dengan fasilitas AC dan Toilet. Namun saat ini jumlah penumpang menurun dibanding tahun lalu mas”, Ujar Ibu Monika petugas PO Bus Murni jaya.

Para pengguna jasa angkutan umum Bus yang akan kembali ke Jakarta, biasanya berasal dari derah Klaten, Sukoharjo, Wonogiri dan Gunung Kidul bagian utara. Mereka memilih lewat terminal bus Klaten karena letaknya lebih dekat jika harus ke Semin atau Wonosari. Sementara penumpang asal Klaten kebanyakan berasal dari daerah penghasil tenaga perantau seperti Bayat, Cawas, Kalikotes, Wedi, Gantiwarno dan Kemalang."Saya kembali kejakarta dengan membawa satu keponakan untuk mengadu nasib di Jakarta", ujar Mustajab pemudik asal Bayat Klaten. 
Antrean Bus di terminal bus Buntalan Klaten
Hingga H+4 lebaran total jumlah kendaraan yang masuk Klaten mencapai 524.288 atau naik 39 persen. Roda 2 sejumlah 71.870 dan roda 4 atau kendaraan pribadi 50.476. Sementara pada hari H + 4 kendaraan yang masuk masih cukup tinggi yakni sebanyak 75.472.”Peningkatan arus balik kami perkirakan akan terjadi hari ini dan malam nanti. Dan untuk Klaten tidak terjadi penumpukan penumpang yang berlebihan. Semua penumpang bisa terangkut masuk bus dan melanjutkan perajalannya ke kota tujuan”, ujar Joko Suwanto, Kabid Angkutan Dishub Klaten Jawa Tengah. (tev)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...