Polres Klaten Gulung Distributor Merica palsu. Pelaku Terancam 4 Tahun Penjara.

Siswanto pemaqsok  Merica palsu wilayah Klaten diapit Kapolres dan Kasat Serse Klaten
Klaten Mattenews.com - Jajaran Satreskrim Polres Klaten, Jawa Tengah, berhasil membongkar sindikat pengedar merica palsu yang diduga beroperasi di wilayah Jateng-DIY. Berawal dari adanya laporan masyarakat yang mengaku membeli merica dari pelaku, Petugas berhasil  mengamankan Siswanto (42) warga Prigiwetan, Jogosetran, Kalikotes, Klaten yang berprofesi sebagai penjual bumbu dapur di pasar tradisional Gentongan, Kalikotes, Klaten.

Kapolres Klaten, AKBP Langgeng Purnomo didampingi Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Fahrial M. Ginting mengatakan, merica itu diketahui palsu setelah petugas melakukan uji laboratorium di Polda Jateng. "Dari hasil laboratorium menyatakan kalau itu bukan merica. . Merica yang diamankan ini lebih besar  dan lebih lunak, jadi digilas pakai tangan saja hancur dan tidak berasa pedas merica pada umumnya," ungkap AKBP Langgeng saat gelar perkara di Mapolres Klaten (29/9).
merica palsu lebih besar, mudah hancur dan hambar rasanya
Meskipun menyadari kalau harga merica sangat murah, Siswanto mengaku tidak tahu kalau merica yang diperoleh dari seorang kuli panggul di wilayah pasar Legi, Solo itu palsu.  Dia baru pertama kali kulakan merica tersebut dengan harga Rp 20 ribu per kilogram dan menjualnya seharga Rp 23 ribu per kilogram. Saat itu dia kulakan sebanyak 50 kg dan dalam sepekan terakhir sudah berhasil menjual sebanyak 25 kg ke para bakul di pasar Gentongan. “Saya baru sekali ini, kulakan 50 kg dengan harga 20 ribu per kilo dan sudah terjual 25 kg. Saat kulakan saya juga tidak tahu kalau merica itu palsu,” jelas Siswanto.

Saat ini pelaku beserta barang bukti berupa merica palsu sebanyak 25 kilogram diamankan di Mapolres Klaten. Akibat perbuatannya, Siswanto akan dijerat undang-undang perlindungan konsumen dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun.(R1/get)



Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...