Masyarakat Tak Perlu Timbun Sembako.Kebutuhan Lebaran di Klaten Melimpah

Kepala Disperindagkop Klaten Sugeng hariyanto
Klaten Mattnews.com – Hari raya lebaran Idul fitri masih cukup lama, namun harga berbagai kebutuhan bahan pokok sudah mulai merangkak naik. Namun demikian bagi warga masyarakat Klaten dan sekitarnya hal tersebut tak perlu dikawatirkan, karena kenaikan masih dalam ambang batas normal yakni 3 hingga 10 persen. Sementara semua bahan pokok cukup tersedia dan melimpah. Sehingga tak ada alasan waga melakukan aksi borong atau belanja berlebihan untuk menimbun bahan pokok, karena takut kehabisan.

“ Seluruh bahan pokok, seperti gula, terigu, beras,minyak, keperluan dapur hingga gas elpiji cukup tersedia untuk kebutuhan selama lebaran. Bahkan Disperindagkop Klaten sudah melakukan pertemuan dengan beberapa distributor guna menyuplai pasokan bahan pangan jika memang stok di lapangan mengalami kekurangan. Termasuk pengadaan gas elpiji melon yang akan kita naikkan hingga 150 persen dari kebutuhan normal”, demikian ditegaskan kepala Disperindagkop Klaten Sugeng Hariyanto didamping Dewi Kasi Wasda perdagangan kepada Mattanews.
9 bahan pokok melimpah
Menurut sugeng hingga saat ini pemantauan serta operasi pasar terus dilakukan guna mengetahui secara pasti apa yang terjadi dilapangan dan kebutuhan apa yang sangat diperlukan warga selama sehingga jangan sampai ada kelangkaan bahan pokok di Klaten yang dapat memicu naikkan harga secara signifikan. Selain memantau kebutuhan pokok menurut Sugeng tim yang diterjunkan juga melakukan operasi ke toko toko dan super market guna merazia jika ada barang kadaluarsa yang nekad dijual baik eceran atau berbentuk parcel.

“ Saat seperti ini biasanya diguakan oleh apara agen atau pedagang nakal yang nekad menjual makanan atau barang kadaluarsa dengan berbagai cara. Misalnya menutup dan mengganti tanggal, atau dijual lewat bingkisan parcel. Untuk itu tim kami terus bergerak melakukan razia ke stiap toko dan super market. Jangan sampai masyarakat jadi korban”, tegas Sugeng Hariyanto.

Hingga saat ini lanjut Sugeng kondisi perdagangan di Klaten yang menyangkut 9 bahan pokok masih relatif stabil dan aman. Tidak terjadi kenaikan hrga secara siginifikan. Hal tersebut dikarenakan bahan pokok menjelang lebaran mulai dari beras, minyak, gas, daging dan lainnya cukup melimpah dan aman hingga pasca lebaran. Sehingga warga tak perlu takut dan melakukan aksi belanja borong. Karena hal ini justru akan memicu kenaikan harga.
stok beras di bulog aman 4 bulan kedepan
“ bahan kebutuhan sangat melimpah. Warga tak perlu resaah dan tidak perlu main borong. Justru jika warga belanja berlebihan main borong, atau menimbun barang, akan membuat harga naik secara mendadak. Pedagang akan mudah mempermainkan harga. Untuk itu belanjalah secukupnya tidak perlu kawatir terjadi kelangkaan bahan pokok”, ujarnya.(tev)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...