Klaten salurkan Rp 2,768 milliar Untuk Pemugaran 346 Unit RTLH.

Wakil Bupati Klaten Hajah Sri Hartini menyerahkan bantuan pada warga

Klaten mattanews.com - Kamis (04/06) Pemerintah kabupaten Klaten Jawa Tengah, menyalurkan dana bantuan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 346 unit. Bantuan masing-masing sebesar Rp 8 juta atau total senilai Rp. 2,768 milyar diserahkan dikantor kecamatan Cawas, khusus diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu di wilayah setempat.

Serah terima ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Hajah Sri Hartini di rumah Nyonya Paiyem (30) janda beranak dua warga Dukuh Krangkungan Desa Burikan Cawas. Dilanjutkan serah terima simbolis kepada lima orang perwakilan, disaksikan kepala Bapermas Sunarna, kepala Bank Jateng Cabang Klaten, Muspika Cawas dan undangan lain.
Wakil Bupati tak canggung turun langsung dilapangan
Wakil Bupati Klaten Hajah Sri Hartini bupati mengatakan, sejak tahun 2011 Pemda Klaten secara 
berkala menganggarkan bantuan untuk RTLH. Bantuan diberikan disesuaikan dengan keuangan yang ada, sehingga besarannya mungkin masih belum mampu memenuhi harapan warga sepenuhnya.

“Bantuan ini sifatnya stimulan dengan nilai yang tidak seberapa, tentunya masih jauh dari harapaan warga. Untuk itu saya berharap agar bantuan ini digunakan sebaik mungkin untuk membangun RTLH. Karena bantuan kurang memadai, maka saya berharap agar aparat desa, RT dan RW serta tokoh masyarakat sekitar diharapkan mau campur tangan dengan memberikan bantuan sesuai kemampuan baik harta maupun tenaga kepada saudara kita yang membutuhkan”, ujar Sri Hartini.
Plt Kepala bapermas Klaten Sunarna.
Plt Kepala Bapermas Sunarna didampingi stafnya Widada mengatakan, tahun 2015 Pemkab Klaten menganggarkan bantuan pemugaran RTLH sebanyak 1000 unit masing-masing sebesar Rp 8 juta atau total sebesar Rp. 8 Milyar. Bantuan disalurkan kepada yang berhak menerima melalui seleksi. Dan tentunya diprioritaskan bagi warga yang belum memiliki rumah atau mereka yang rumahnya masuk dalam katagori tidak layak huni, tidak memenuhi standar kesehatan.

Sejak tahun 2011 hingga tahun 2015 Pemda Klaten secara berkala mengalokasikan anggaran untuk RTLH sebanyak 3356 unit. Disamping itu bantuan yang sama juga diberikan dari pemerintah pusat, CSR Bank Jateng Cabang Klaten sebanyak 250 unit, serta bantuan lain yang tidak mengikat. “Meski demikian jumlah RTLH di Klaten yang perlu uluran tangan masih cukup besar, yang jumlahnya berkisar 18 ribu unit “ ujarnya.

Sementra Camat Cawas Much Nasyir mengemukakan, hingga saat ini diwilayahnya masih terdapat sekitar 800 unit RTLH yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak. Kedepan bantuan yang sama dari Pemkab dan pihak lain masih sangat diharapkan demi meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.(han/hum)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...