Kepala Desa Di Klaten "Iso Bakdan" Dana Desa Rp 227 Cair Sebelum Lebaran.

Sunarna SH. Plt Ka Bapermas yang juga Kepala DPPKAD Kab Klaten
Klaten mattanews.com – Anggaran dana desa tahun 2015 senilai Rp 108 milliar saat ini sudah ada di kas Pemda Klaten Jawa Tengah dan siap disalurkan ke desa desa. Tiap Desa akan menerima dana sekitar Rp 227 juta yang dibagi menjadi tiga tahap penerimaan. Tahap pertama diperkirakan akan cair sebelum lebaran, tergantung kesiapan desa penerima dalam menyiapkan perangkat persyaratan yang telah ditetapkan.

“Saat ini dana sudah ada di Kas Pemda Klaten dan siap disalurkan ke desa desa. Namun demikian sebelum itu dilakukan kita akan melakukan pengarahan serta pembinaan bagi para kepala desa, agar dalam proses penggunaan dana tidak menjadi malah hukum dikemudian hari. Jangan sampai dana untuk pembangunan ini justru membuat banyak kepala desa berurusan dengan hukum dan harus tidur di “hotel” yang terletak didepan kantor Perusda percetakan Klaten”, tegas Plt Kepala Bapermas Klaten Sunarna.SH.

Untuk itu lanjut Sunarna Pemda dalam hal ini Bapermas dan DPPKAD akan segera mengumpul semua kepala desa serta instansi terkait guna memberi penyuluhan serta pengarahan bagi semua Kepala desa di Klaten, agar paham betul tentang tata cara penggunaan uang tersebut sehingga tidak menimbulkan masalah hukum dikemudian hari.

Pencairan dana desa menurut Narno nantinya akan dibagi menjadi tiga tahap penerimaan. Tahap pertama sebanyak 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen. Bagi desa yang akan menerima dana desa diharuskan memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan. Antara lain Perdes APBDES yang telah menampung dana desa, Rekening kas desa, kesanggupan melakukan ketentuan yang telah berlaku, artinya pelaksanaan penggunaan anggaran menggunakan aturan Permendes no 5 tahun 2015 dan syarat pelaksaan mengacu pada Perbub 22 tahun 2014.

Terkait pencairan tahap berikutnya dengan tegas Sunarno mengatakan akan dicairkan manakala  ada laporan pekerjaan tahap pertama yang bisa dipertanggung jawabkan. Semua bantuan akan langsung dialamatkan melalui rekening desa. “Sekali lagi saya berpesan dan mengingatkan pada semua Kepala Desa agar hati hati, teliti dan cermat dalam menggunakan anggaran ini. Banyak lembaga yang monitoring kegiatan ini baik instansi dijajaran Pemda, LSM, masyarakat wartawan dan lainya. Jangan sampai gara gara dana desa LP Klaten justru dipenuhi Kepala Desa bermasalah”,ujarnya(tev)     
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...