Jelang Puasa Pemandian Di Klaten Full Pengunjung Lakukan Tradisi Padusan

Suasana di aliran sungai Cokro Klaten
Klaten Mattanews.com – Sehari menjelang puasa, seluruh kolam renang dan pemandian di Klaten dipenuhi pengunjung. Warga datang kekolam pemandian guna melakukan tradisi menyambut bulan puasa dengan istilah Padusan ( Mandi ) basah sebelum menunaikan ibadah puasa. Semenetara untuk acara tahunan ini ditandai dengan acara padusan yang dipusatkan di komplek wisata Omac Cokro di Kecamatan Tulung yang dihadiri Bupati Klaten dan unsur Muspida serta jajaran terkait.

Dari pantauan Mattanews dilapangan terlihat tidak ada satupun pemandian di Klaten yang kosong pengunjung. Hampir semua pemandian yang ada di Klaten seperti Umul Jolotundo, Umbul Pongggok, Pluneng, Umbul Brintik, kolam renang Depo Puslatpur serta semua kolam renang di obyek wisatapun padat dipenuhi penunjung. Ada keyakinan tersendiri bagi masyarakat Jawa,  Padusan adalah sesatu yang “wajib” dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa. Mereka berkeyakinan membersihkan diri secara total baik lahir dan bathin sebelum berpuasa akan lebih bermakna dan khusuk dalam beribadah
Kepala Disbudpora Klaten Joko "Cipta Ria" Wiyono
Sementra itu Kepala Disbudpora Klaten Joko “Cipta Ria” Wiyono kepada Mattanewes menjelaskan pemusatan padusan yang dilakukan secara seremonial di obyek wisata air Omac Cokro adalah bagian dari strategi dinas wisata Klaten dalam memperkenalkan dan mengembangkan obyek wisata yang ada. Hal tersebut diakui karena hingga saat ini masih banyak warga Klaten yang belum tahu betul akan keindahan yang ada di komplek wisata pemandian Omac.

“ Selain memperkenalkan obyek wisata omac, kita ingin mengajak warga Klaten untuk mencintai obyek wisata lokal yang tidak kalah menarik dengan obyek wisata daerah lain. Dan disatu sisi kita akan terus berbenah dan membenahi wisata yang ada, agar tempat wisata Klaten dapat mejadi pilihan utama warga yang akan berwisata dan mampu menyedot wisatawan luar daerah”, ujarnya. (tev)
 
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...