Antisipasi Macet Lebaran PDAM Klaten Siapkan 3 Unit Tangki Dan Tampung Air.

Irawan Margono Dirut PDAM Klaten
Klaten Mattanews.com
-  Tidak hanya arus lalu lintas yang mengalami kemacetan saat terjadi puncak arus mudik lebaran atau sebaliknya. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Klaten tampaknya juga akan mengalami hal sama. Walau tidak sebesar kemacetan tahun lalu, PDAM Klaten telah mengantisipasi beberpa tindakan guna mengantisipasi kemacetan air bagi para pelanggan PDAM di wilayah Klaten disaat menjelang dan usai lebaran. Beberapa unit tangki akan disiapkan di beberapa wilayah yang dianggap rawan serta himbauan bagi para pelanggan PDAM untuk membuat bak penampungan air, agar tidak mengalami kekurangan air disaat jam sibuk.

“ Berbagai persiapan telah kita lakukan menghadapi lebaran nanti. Minimal 5 unit mobil tangki air akan kita siapkan dengan poisisi siap meluncur sewaktu waktu dibutuhkan. 5 unit tersebut akan kita tempatkan di beberapa titik wilayah yang selama ini kita anggap rawan. Disamping itu kita juga menghimbau dan meminta agar warga, khususnya pelanggan PDAM agar mau membuat atau menyediakan bak penampungan air dan dipenuhi air saat malam hari. Sehingga saat jam jam sibuk seperti pagi atau sore hari, tidak akan mengalami kesualitan air”, ujar Irawan Margono SH. Direktur Utama PDAM Klaten.

Selain melakukan berbagai persiapan yang bersifat tekhnis, menurut Irawan pihaknya juga akan menerjunkan tim lancar Air yang akan akan selalu melakukan monitoring dan survei lapangan selama lebaran. Tim ini nanti akan dipimpinnya sendiri, demi menjaga kenyamanan warga dalam merayakan hari raya Idul fitri.

“Selama lebaran tim lancar air akan bekerja dilapangan guna mengantisipasi jika terjadi kemacetan aliran PDAM pada pelanggan atau terjadi kebocoran pipa. Dan saya sendiri pada hari H lebaran akan ikut dengan mereka turun kelapangan memantau kelancaran air di pelanggan”, tegas Irawan.

Terkait kebutuhan air pada saat lebaran, Irawan menjelaskan akan ada peningkatan pemakaian sekitar 5 hingga 10 persen dari hari biasa. Namun warga tidak perlu khawatir karena PDAM telah mempersiapakan dan mengantisipasi semua itu. Termasuk beberapa wilayah yang slama ini dianggap rawan seperti Kecamatan Karanganom, Cawas dan Wedi. “ Para pelanggan PDAM di Klaten tak perlu khawatir terjadi kemacetan dan kesulitan air di waktu lebaran. Selama mengikuti apa yang sudah dianjurkan pihak PDAM, saya jamin hal itu tak akan terjadi”, ujar Direktur yang baru 2 bulan menjabat orang nomor satu di PDAM Klaten tersebut.(tev)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...