2 Pekan 4.255 Pengendara Terjaring Operasi Candi

AKP Kemas Kasat Lantas Polres Klaten

Klaten Mattanews.com - Selama operasi patuh candi 2015, Satuan Lalu lintas Polres Klaten menindak ribuan pengendara. Dalam operasi yang digelar pada 27 Mei hingga 9 Juni  lalu, sebanyak 4.255 pengendara kendaraan bermotor mendapatkan tindakan dari petugas. Mulai dari teguran lisan, teguran tertulis serta teguran tilang.

Kasat Lantas Polres Klaten AKP Kemas melalui Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Klaten Ipda Rizky Widyo Pratomo menjelaskan, dalam operasi Patuh Candi 2015 yang digelar selama 14 hari, petugas berhasil menindak 4.255 pengendara. Selain melakukan tindakan berupa teguran baik lisan, tertulis dan tilang, dalam operasi yang bertujuan untuk menciptakan situasi aman dan tertib berlalu-lintas menjelang datangnya bulan puasa di wilayah Klaten, petugas juga mengamankan barang bukti berupa STNK, SIM, dan sepeda motor.
Suasana operasi di lapangan
“Mendekati arus mudik Lebaran, Kaeamanan, ketertiban, kelancaran lalu-lintas (kamtibcerlantasa) sangat penting. Karena itu untuk mewujudkan kesadaran masyarakat agar menciptakan Kamtibcerlantas di wilayah Klaten, porsi teguran pada operasi patuh candi 2015 ini diperbanyak. Hasilnya sebanyak sebanyak 4225 pengendara kita tidak. Dengan rincian, 1.700 tindak tilang. 1.935 teguran lisan dan 620 teguran tertulis. Sedangkan untuk barang bukti, petugas mengamankan barang bukti berupa, STNK sebanyak 1.493, SIM sebanyak 150 dan sepeda motor sebanyak 57 unit,” jelas Ipda Rizky.

Lebih lanjut, Ipda Rizky menjelaskan, operasi patuh candi 2015 berjalan lancar dan tidak ada insiden yang melibatkan petugas maupun pengendara kendaraan bermotor. “Alhamdulillah Operasi yang kita gelar selama 14 hari di wilayah Klaten berjalan lancar dan tidak ada insidan yang melibatkan petugas maupun pengendara,” Ungkap Ipda Rizky di Mapolres Klaten (10/6).

Sebelumnya, Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo mengatakan, operasi patuh candi ini merupakan upaya Polri dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui pendekatan persuasif dan edukatif. Operasi akan dilakukan dengan prosentase kegiatan Preemtif  Preventif dan penindakan pelanggaran lalu lintas terhadap pengendara yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sedangkan tujuan dilaksanakannya Operasi Patuh diantaranya adalah meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas serta sebagai cipta kondisi dalam rangka menjamin terwujudnya ketertiban berlalu lintas.(ndi/get)



Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...