Rebutan Sekda Klaten: "Undip Dikeroyok Kelompok 12 UNS"

Supriyanto.S.Sos. MSi Sekretaris Pansel Sekda Klaten

Klaten mattanews.com - Setelah kosong hampir 3 tahun lamanya, Pemda Klaten akhirnya akan punya Sekretaris daerah (Sekda) definitif. Hal tersebut menyusul munculnya tiga kadindat calon sekda yang “melamar” menjadi sekda dihari hari terakhir menjelang penutupan, yang dibuka selama 2 minggu. Hingga batas akhir hari penutupan pendaftaran Selasa (5/5) pukul 00.00 tidak ada lagi Balon Sekda yang mendaftar, baik secara langsung maupun via email, selain ketiga kadindat tersebut. Sehingga dapat dipastikan hanya ada tiga kadindat calon sekda yang akan berkompetisi posisi jabatan eselon IIa, dari 12 calon yang ada.
Edy Hartanta (calon Sekda)
Pendaftaran calon sekda resmi ditutup dan selanjutnya pansel segera menyusun rencana kerja tahapan berikutya. Karena hingga jam menunjukkan pukul 00.00 WIB, tidak ada calon lain yang mengembalikan berkas baik secara langsung atau via email. “Secara resmi pendaftaran Sekda kita tutup dan selanjutnya Pansel akan melakukan tahapan berikutnya. Karena hingga pukul 00.00 WIB tidak ada lagi calon yang mengembalikan berkas pendaftaran”, demikian keterangan sekretaris pansel Supriyanto SH, saat dihubungi mattanews.com via telepon seluler semalam Rabu (6/5) sekitar pukul 12.08 WIB.

Tiga nama yang mengembalikan berkas lamaran ke pansel (panitia seleksi) Sekda ialah Drs. Purwanto.AC.M.Si yang kini menjabat sebagai Asisten I Bidang pemerintahan Sekda Pemda Klaten. H.Edy Hartanta. SH.MM saat ini menduduki jabatan Asisten II bidang Pembangunan dan Kesra Pemda Klaten yang juga Plt kepala Dinas Kesehatan Klaten. Terakhir Drs.Joko Sawaldi. MM Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Pemkab Klaten yang juga Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemda Klaten.
Joko Sawaldi (Calon Sekda)
Pejabat yang pertama mengembalikan blangko pendaftaran Sekda ialah Edy Hartanta. Karena kesibukannya Senin (4/5) sekitar pukul 14.49 dia meminta salah satu anggota tim pansel datang keruang kerjanya untuk mengambil berkas pendaftaran. Sementara Asisten I Ds. Purwanto baru datang langsung ke sekretarian pansel di ruang  badan kepegawaian daerah Pemda Klaten Selasa (5/5) sekitar pukul 11.50. Dua jam kemudian tepat jam 13.00 Joko Sawaldi masuk ruang sekretariat juga menyerahkan blangko pendaftaran.

Sekretaris Pansel Supriyanto.SH yang juga Kabid Mutasi Pemda klaten didampingi anggota pansel Slamet SH.M.Si menjelaskan setelah lamaran masuk, dilanjutkan dengan pemeriksaan serta seleksi administrasi yang akan dilakukan pada tanggal 6 – 7 Mei. Hasil seleksi akan diumumkan pada 8 Mei atau sehari kemudian. Bagi calon yang lulus seleksi tahap pertama nantinya akan melakukan uji gagasan dihadapan pansel yang diketuai Prof Dr. H. Triyono MPd yang juga rektor Universitas Widya Dharma Klaten. Uji gagasan akan digelar pada tanggal 11 – 12 Mei di Edotel SMK Negeri Klaten.
Purwanto AC.(Calon Sekda yang juga Balon Bupati Klaten)
Setelah melakukan uji gagasan menurut Supri para calon Sekda masih harus melakukan uji kopetensi bidang serta uji manejerial dihadapan tim asesor dari propinsi. Setelah itu calon akan melakukan tes wawancara dengan Bupati dilanjutkan dengan penelusuran rekam jejak para calon. Setelah itu nama calon diserahkan kembali kepada pansel untuk dibuatkan rangking tingkatan berdasarkan hasil tes. Baru pada tanggal 29 Mei pansel menyerahkan nama tersebut ke Bupati untuk selanjutnya dilaporkan kepada Gubernur.

“Untuk proses penyerahan nama nama calon Sekda kepada Gubernur itu tergantung pak Bupati. Apakah akan langsung diserahkan atau ada pertimbangan lain, sepenuhnya kewenangan Bupati. Pansel hanya sebatas menyeleksi menilai dan memberi masukan”, ujar Supri.
Sementara dari catatan mattanews, calon Sekda Purwanto AC saat ini juga maju sebagai Balon Bupati Klaten priode tahun 2015 - 2020.(get/tev)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...