Polres Klaten Grebek Pabrik Susu Oplosan Di Karangnongko

Peternak sapi perah di Klaten
Klaten mattanews.com - Karena dicurigai mengunakan oplosan zat kimia dalam mengolah produk susu, Jumat pagi (22/5) sekitar pukul 05.00 WIB Satuan Reserse dan Kriminal Polres Klaten menggerebek sebuah pabrik pengolahan susu sapi yang berlokasi di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Klaten Jawa Tengah. Dalam penggerebekan yang dilakukan, petugas menyita sebuah tangki susu dan sejumlah cairan zat kimia berbahaya yang diduga menjadi campuran atau oplosan susu. Seperti cairan pembersih lantai bermerk Flash yang ditemukan di lokasi pengolahan susu pabrik tersebut. Selain itu, ada cairan yang bernama Metilin Blue yang berfungsi sebagai zat pewarna dan juga minyak sawit.
Menurut informasi pabrik itu mengolah susu alami atau susu murni. Kemudian produk olahan pabrik pabrik yang berbadan hukum sebagai Koperasi Unit Desa (KUD) tersebut dikirimkan ke sebuah perusahaan susu SGM yang berlokasi di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten.

Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo
Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo membenarkan adanya pengrebekan pabrik susu tersebut. Tetapi AKBP Langgeng  masih enggan menjelaskan secara rinci alasan penggerebekan tersebut. “Saya belum berani mengatakan bahwa hasil pengolahan pabrik tersebut mengandung zat berbahaya. Kami baru menindak lanjuti secara prosedur dan baru pengambil sempelnya. Dan sekarang akan kita uji di laboratorium untuk dicek,”jelas AKBP Langgeng di depan ruang kerjanya

Hal yang sama juga diungkapkan Kasatreskrim Polres Klaten AKP Farial Mandalanta Ginting Saat ditemui diruang kerjanya, AKP Farial Mandalanta Ginting juga masih enggan mengomentari hal tersebut.  Saat ini dia bersama jajarannya sedang akan mendalami temuan ini. “Kami belum berani komentar apa-apa, tapi kami sedang akan lebih mendalami penemuan ini,” ujarAKP Farial Mandala Ginting di ruang kerjanya.

Saat ini rumah yang digunakan untuk memproduksi susu yang diduga di oplos dengan bahan kimia tersebut diberi garis polisi guna penyelidikan lebih lanjut. Sementara warga setempat tidak menyangka jika pegolahan susu tersebut memakai bahan kimia. “ Saya tahu mas disitu memang dijadikan tempat penampungan susu sapi dari para peternak yang ada diwilayah Karangnongko, Kemalang dan Manisrenggo, tapi nggak tahu jika memakai bahan pengawet”, tandasnya.(ndi/get/no)


Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...