Pemda Klaten Kembali Operasi Pasar Gas Melon 3kg. Jelang Lebaran Tambah Kuota 200 persen.


Srihadi, Kabag Perekonomian Pemda Klaten.
Klaten mattanews.com
– Guna mengantisipasi kelangkaan gas elpiji 3kg di Klaten bagian perekonomian Pemda Klaten dan Pertamina kembali menggelar operasi pasar di dua tempat. Kali ini operasi pasar dilakukan di desa Gatak dan Desa Sabrang Kecamatan Delanggu, Klaten Jawa Tengah. Tiap Desa mendapat tambahan stok gas sebanyak 560 buah. Sedang menghadapi lebaran nanti Pemda akan minta tambahan kuota gas Melon 3kg sebanayak 200 persen dari jumlaha yang ada.

Kepala bagian perekonomian Klaten Srihadi menjelaskan, operasi semacam akan terus dilakukan hingga kondisi dan persediaan gas kelas ekonomi ini benar benar cukup dipasaran. Bahkan dalam waktu dekat saat menjelang lebaran pihaknya akan meminta tambahan kuota tambahan pada pertamina hingga 200 persen dari yang ada saat ini. 

“Saat ini kebutuhan gas 3 kg di Klaten tiap harinya mencapai 27 ribu tabung. Padahal untuk luas wilayah dan jumlah penduduk Klaten yang ada idealnya Klaten membutuhkan sekitar 30 ribu tabung perhari. Kekurangan ini akan terus kita upayakan agar kuotanya terpenuhi. Sehingga kelangkaan gas kelas ekonomi di Klaten tidak terjadi. Dan untuk persiapan lebaran kita sudah minta tambahan kuota pada Pertamina sebanyak 200 persen dari jumlah yang ada saat ini”, tegas Srihadi disela sela operasi pasar.

Menurut Srihadi kelangkaan gas melon yang sering terjadi di Klaten karena ada beberapa faktor. Pertama banyak warga  kalangan menengah keatas atau orang kaya di Klaten menggunakan gas kelas ekonomi 3kg yang sebenarnya diperuntukkan bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah. Sehingga stok persediaan gas 3 kg selalu kurang. Sementara disatu sisi gas ukuran 12 kg justru melimpah, karena warga jarang menggunakan karena haarganya relatif mahal.  Faktor kedua kuota gas melon masih kurang dan distribusi belum merata hingga kepelosok daerah.(get/no)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...