KPU Klaten, Jawa Tengah Sosialisasikan Pencalonan Bupati Di Pilkada 2015.

Sosialisasi KPU diikuti peserta dari parpol peserta Pemilu.
Klaten mattanew.s.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten memulai sosialisasi pencalonan untuk pemilihan Bupati (Pilbup) Klaten yang akan digelar pada 9 Desember nanti. Dalam sosialisasi pencalonan pada Kamis (28/5) pukul 09.00 hingga 11.30 WIB, di Alua KPU Klaten tersebut, dihadiri oleh perwakilan partai politik (Parpol) di Klaten, Muspida Klaten dan tokoh masyarakat Klaten.

Ketua KPU Klaten, Siti Farida dalam sesi tanya jawab dalam sosialisasi pencalonan Pilbup Klaten 2015 mengatakan,  KPU Klaten optimis jalannya Pilbup sesuai dengan agenda yang telah direncanakan. Sedangkan terkait calon tunggal, pihaknya berharap hal itu tidak terjadi dalam Pilbup Klaten 2015 ini.

“Kalaupun nantinya ada calon tunggal jelas itu akan merusak jadwal Pilbup yang telah kita rencanakan. Pilbup akan molor dan juga akan membebani anggaran. Itu yang tidak kita harapkan,”tuturnya

Menurut Siti, sosialisasi pencalonan ini berdasarkan atas Peraturan KPU (PKPU) nomor 9 tahun 2015, PKPU nomor 2 tahun 2015 dan beberapa peraturan lainnya. “Pencalonan untuk maju dalam Pilbup nanti bisa berasal dari calon perorangan dan calon yang diusung oleh parpol. Untuk penetapannya pada tanggal 24 Agustus. Kemudian Pengundian dan penetepan nomor urut pada tanggal 25 serta 26 Agustus 2015,”jelasnya.

Sementara itu, Komisoner KPU Klaten Divisi Sosialisasi, Muhammad Ansori mengatakan, alur pencalonan dimulai dari pendaftaran pada tanggal 26 hingga 28 Juli. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan dan pemeriksaan kesehatan pada tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus. Lalu ada penelitian syarat calon dan pencalonan pada tanggal 28 Juli hingga 3 Agustus. Dan pemberitahuan hasil penelitian pada tanggal 1 hingga 2 Agustus.

“Apabila nanti syart-syaratnya belum lengkap, kami masih memberi waktu untuk perbaikan pada antara tanggal 4 sampai 7 Agustus. Dan penelitian perbaikannya pada tanggal 4 sampai 14 Agustus,”urainya(ndi/get)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...