Bupati Klaten resmikan Gedung Kerajinan Rakyat.

Bupati Klaten H. Sunarno.SE. dan Ny Yani Sunarno Saat meresmikan Gedung Kerajinan
Klaten mattanews.com - Setelah ditunda berkali-kali akhirnya Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Klaten diresmikan juga. Gedung yang berdiri di Kompleks Gedung Wanita Kabupaten Klaten tersebut diresmikan dan dibuka langsung oleh Bupati Klaten, Sunarno pada Selasa (12/5). Selain dihadiri jajaran Muspida Klaten, di area gedung yang dibangun dengan dana sebesar  650 juta itu nampak pula para pelaku usaha kecil dan menengah berjejer di stand yang sudah disediakan
Mebeler dan handicraf andalan kerajinan Klaten
Ketua Dekranasda Kabupaten Klaten, Yani Sunarno menjelaskan bahwa Gedung Dekranasda ini merupakan wadah kerajinan usaha mikro kecil dan menengah yang berminat untuk mengembangkan usahanya. “Masih banyak hasil produksi UMKM yang perlu ditingkatkan baik pemasaran dan promosinya,” ungkap Yani Sunarno.

Yani juga menjelaskan peresmian gedung ini juga merupakan momentum kebangkitan para pelaku usaha kecil.  Yani juga mengajak pengrajin yang tersebar di 26 kecamatan di Kabupaten Klaten untuk aktif memajang hasil karyanya. Tak lupa Yani juga bergarap kepada Anggota dewan atau SKPD untuk mengajak tamunya untuk mampir di gedung dekranasda. “Anggota dewan dan SKPD kan sering dikunjungi tamu. Tak ada salahnya dong kalau tamu-tamu yang hadir itu diajak kesini untuk melihat hasil produksi dari para pelaku usaha kecil dan menengah,” ungkap Yani Sunarno.Selain membawa berkah bagi masyarakat Kabupaten Klaten, Yani Sunarno berharap pembangunan gedung ini akan memacu para pelaku usaha untuk meningkatkan produksinya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Klaten berharap gedung yang dibangun dengan dana APBD itu dapat dimanfaatkan sebaik baiknya, khususnya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah. “UMKM ini paling kuat dan tahan membendung krisis ekonomi yang pernah terjadi. Terbukti saat banyak pengusaha yang gulung tikar saat krisis ekonomi, para pelaku UMKM masih bisa eksis dan terus berkarya,” jelas Sunarno.

Sunarno berharap UMKM Kabuppaten Klaten tambah senang dan berkembang. Tak Lupa, Bupati Klaten juga mengusulkan agar di gedung yang juga akan digunakan sebagai show room dan ruang pajang produk-produk kerajinan dari pelaku UMKM Klaten tersebut dilengkapi dengan gazebo, kursi dan arena bermain anak. “Mungkin perlu ada gazebo dan kursi di luaruntuk para suami yang mengantarkan istrinya, supaya tidak terkesan seperti satpam. Kepada Bapeda juga tolong dianggarkan arena bermain untuk anak-anak agar nantinya tempat ini juga ramah terhadap anak-anak,” Ujarny
dr.Ronny R. Sesuai tugasnya Staf Ahli Sekda.Beliau juga ahli di bidang per Akikan
Sementara beberapa sumber meragukan apakah gedung baru tersebut nantinya benar benar dapat dijadikan tempat bagi pengerajin di Klaten untuk memamerkan dan memasarkan hasil kerajinannya. Hal tersebut mengacu pada beberpa pengalaman terdahulu yang biasanya tempat seperti itu hanya ramai dn dibuka saat peresmian. Setelah itu tidak prnah ada kelanjutannya.” Kita lihat saja apakah hanya gebyarnya saja atau akan berlanjut”, ujar sumber. (ndi/get)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...