Ujian Nasional Online. SMA Negri 1 Klaten Lancar.

 siswa SMA Negeri I Klaten tengah mengikuti UN Online
Klaten mattanews.com – Pelaksanaan hari pertama ujian nasional sistim online yang digelar serempak di 5 SMK/SMA di Klaten Jawa Tengah berjalan lancar. Dimulai  pukul 07.30 pagi dan berakhir pukul 14.00, tidak ada satupun kejadian atau insiden yang mengganggu jalaannya ujin. Kekhawatiran adanya pemadaman listrik bergilir atau oglangan saat berlangsung ujian sistem onlinepun tidak terjadi. Sehingga ujian online yang baru pertama kali diadakan di Klaten dan diikuti oleh 5 SMK dan  SMA berjalan cukup mulus dan lancar.

Satu satunya SMA di Klaten yang melaksanakan ujian sistem online ialah SMA Negeri I Klaten. Di sekolah  ini ada 339 siswa yang mengikuti ujian akhir sekolah. Dengan sistim online sekolah ini justru  mentargetkan kelulusan 100 persen, dan peningkatan nilai  rangking. “Untuk SMA Negeri I Klaten pelaksanaan ujian sistem online tidak ada masalah, walau baru pertama kali dilakukan, pengajar dan siswa mampu melaksanakan dan mengerjakan dengan baik”, Demikian ditegaskan  Kawit Sudiyono, Kepala Sekolah SMA Negeri I Klaten, disela sela kesibukannya ikut terjun langsung memantau pelaksanaan ujian.
Kawit Sudiyono Kepala Sekolah SMA N I Klaten
Menurut Kawit saat pertama memasuki ruang ujian, memang ada beberapa siswa yang sempat grogi mentalnya, namun semua tidak berlangsung lama. Setelah masuk ruang ujian duduk  didepan komputer, siswa kembali tenang dan cepat percaya diri. Hal tersebut karena sebelum pelaksanaan, siswa sudah dibekali pelatihan dan simulasi. Baik secara tekhnis penguasaan komputer, materi  dan isi ujian, hingga gemblengan mental agar siswa memiliki rasa percaya diri dan semangat belajar tinggi.” Wajar mas, baru pertama kali mengikuti ujiana online. Tapi anak didik kami siap menguasai keadaan dan sangat percaya diri”, jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, pelaksanaan hari pertama ujian dilakukan menjadi tiga tahap. Tahap pertama dimulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 09.30. Tahap kedua pukul 10.30 sampai 12.30. Dan tahap ketika pukul 14.00 hingga pukul 16.00. Dalam setiap tahapnya diikui 113 siswa. Ujian dilaksanakan mulai tanggal 13 hingga 16 April. Kemudian dilanjutkan lagi pada tanggal 20 – 21 April.

Guna mengantisipasi adanya gangguan, baik tekhnis dan non tekhnis Kawit menjelaskan beberapa reserve disediakan  dalam keadaan siap pakai. Misalnya pengadaan perangkat komputer dari 115 yang digunakan, masih ada 6 unit komputer cadangan dan memakai 3 unit server. Hal ini guna mengantisipasi jika ada perangkat yang mengalami gangguaan saat ujian berjalan. Pemisahan arus listrik, dimana aliran yang digunakan untuk komputer disendirikan terpisah dengan aliran perangkat sekolah lainya misalnya AC. Termasuk pengadaan jen seet yang dalam waktu 5 menit langsung menyala juga disiapkan mengantisipasi jika sewaktu waktu terjadi pemadamaan listrik.
SMA Negeri I Klaten, tampak lengang saat UN online berlangsung
“ Semua alat alat tersebut kami siapkan dalam posisi siap pakai. Misalnya jen seet akan hidup dalam waktu lima detik jika listriik padam. Pegadaan 6 unit komputer cadangan. Selain itu kita memisah jaringan arus listrik yang diunakan untuk komputer dengan perangkat lain. Sebagai antisipasi listrik mati akibat kelebihan daya.Yang jelas kami ingin ujian online yang pertama pertama kali diadakan di Klaten dan pertama kali juga bagi SMA berjalan lancar dan sukses”, ujarnya.

Sementara lanjut Kawit guna mengantisipasi gagalnya ujian online, SMA satu juga menerima naskah ujian manual. Nasah tersebut kini masih tersimpan rapi dan aman di ruang yang diisolali dan dalam pengawasan petugas.(tev) 
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...