Diwajibkan Pakai Beskab, Orang Tua Siswa SDN 3 Gemblegan Kelimpungan.

SDN 3 Gemblegan Kalikotes, Klaten
Klaten mattanews.com - Tanggal 21 April setiap tahunnya senantiasa diperingati sebagai Hari Kartini. Hari lahir seorang pahlawan nasional wanita  yang dikenal dengan perjuangannya akan hak-hak kaum wanita. Tapi lambat laun perayaan hari Kartini itu makin bias maknanya. Selain berisi tentang kegiatan yang terkesan senang-senang, perayaan ini kurang mengingatkan akan perjuangan seorang Kartini.

Seperti halnya yang terjadi di SDN 3 Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Klaten Jawa Tengah. Salah satu orang tua murid merasa keberatan dengan rencana peringatan hari Kartini yang akan digelar tanggal 2 Mei . Yang menjadikan keberatan adalah diharuskannya setiap murid memakai jenis pakaian tertentu. Selain sewanya cukup mahal, ketersediaan di persewaan pakaian juga menjadi kegelisahan tersendiri bagi orang tua murid.

“anak laki-laki saya diharuskan memakai beskap, dan kalau tidak punya disuruh sewa. Saya juga tidak punya uang, karna untuk sewa beskap tarifnya Rp. 80 sampai Rp. 100 ribu. Selain itu saya juga harus nyewa kemana, karna saat ini pakaian itu sudah banyak dipesan orang lain,” ungkap salah satu orang tua murid.

Menanggapi kabar itu Kepala sekolah SDN 3 Gemblegan, Sudira menjelaskan bahwa pihak sekolah hanya menganjurkan. “Saya hanya sebatas menganjurkan saja, dan kabar akan dihukumnya murid yang tidak mengenakan beskap juga tidak benar. Karna kita juga sedang mengupayakan sekolah ini menjadi sekolah layak anak. Yang kita wajibkan hanya guru-gurunya saja,” Jelas Sudira saat ditemui di sekolah (20/4).

Sementara itu Drs. Pantoro,MM Selaku kepala Dinas pendidikan Kabupaten Klaten membenarkan adanya himbauan kepada sekolah untuk ikut merayakan Hari Kartini. “Memang kami menghimbau kepada sekolah-sekolah untuk ikut memperingati Hari Kartini, tapi tidak mewajibkan untuk memakai pakaian tertentu. Hanya sebatas turut berpartisipasi memperingati Hari Kartini,” jelas Pantoro saat dihubungi lewat telepon(Agatha/red)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...