Awal Mei AD 1 JAYA, Seleksi 5 Balon Bupati Tahap Pertama.

Drs.H.Anang Widayaka Ketua DPD Golkar Klaten
Klaten mattanews. com -  Awal Mei 2015 Koalisi lima partai yang tergabung dalam KLATEN AD1 JAYA akan memanggil sekaligus  menyeleksi 5 Balon Bupati dan wakil yang akan maju di Pilkada Klaten akhir Desember nanti. Mereka diminta presentasi dihadapan lima ketua partai yang bertindak sebagai panelis untuk mencapaikan visi misinya sebagai Bupati Klaten. Termasuk melihat sejauh mana calon memiliki kepekaan, kepedulian serta loyalitas kecintaanya terhadap Klaten.

“ Untuk tahap pertama, awal Mei kita akan memanggil 5 Balon Bupati dan wakil dari 15 pelamar yang ada, untuk melakukan presentasi serta mencampaikan visi misi dihadapan panelis yang beranggotakan para etua partai. Siapa yang masuk kreteria dan lolos dalam seleksi tahap awal akan mengikuti tahap berikutnya, hingga nantinya mampu mengerucut pada satu figur calon yang benar benar siap maju siap perang dan siap jadi Bupati”, tegas Drs.H.Anang Widayaka salah satu ketua Koalisi AD I JAYA yang juga ketua DPD Golkar Klaten.

Menurut Anang dari hasil inventarisasi terakhir, saat ini sudah ada sekitar 15 Balon Bupati dan wakil yang menyatakan siap maju lewat koalaisi AD 1 JAYA. Jumlah tersebut merupakan gambaran betapa mereka menaruh harapan besar dari koalisi untuk bisa membangun Klaten menjadi lebih baik lagi. ”Para Balon umunya berharap besar pada koalisi ini. Mereka melihat koalisi ini memiliki plafon dan konsep rencana yang jelas dan matang dalam  membangun Klaten kedepan. Sehingga mereka semangat untuk masuk dan maju lewat koalisi ini”, tegas Anang.

Ditegaskan mantan Wakil ketua DPRD Klaten ini, sebenarnya koalisi tidak menerapkan persyaratan atau peraturan yang sulit bagi para balon yang akan masuk dan mendaftar lewat koalisi ini. Yanag jelas Balon haraus mampu memiliki dan menjelaskan 6 point yang menjadi dasar utama untuk menuju kelangkah berikutnya.        

Pertama Balon harus memiliki dan mampu menerangkan visi misi yang riil dan jelas. Memiliki intregeritas manejerial pribadi yang baik dan tinggi. Mimiliki dan mampu menjelakan konsep menggerakkan mesin partai. Sejauh mana Balon mampu membangun dan mensinergiskan antara relawan dan struktural partai. Ketegasan dalam berkomitmen terhadap partai pengusung setelah menjadi Bupati dan yang terakhir sejauh mana kesiapan Balon mampu membeayai pelaksanaan Pilkada.

Menurut Anang 6 poit tersebut hal yang krusial dan baku bagi balon yang akan maju. Karena jangan sampai koalisi menemui masalah dikemudian hari ketika pelaksanaan Pilkada berlangsung dan pasca Pilkada. Pengalaman yang terjadi di setiap pilkada banyak pihak yang saling menyalahkan satu sama lain karena tidak ada kesinergisan antara struktural partai dan relawan. Sehingga sering menimbulkan kerancuan dan tumpang tindih kepentingan, ini  menimbulkan kerawanan terutama di sektor anggaran. Saling lempar tanggung jawab di internal partai, karena tidak ada yang mampu menggerakkan mesin partai secara maksimal.

Jika para Balon sudah terseleksi maka lanjut Anang tim koalisi akan segera menerjunkan lembaga survey independen guna mengetahui tingkat elektabilitas, kepopuleran serta daya jual calon di mata masyarakat Klaten. Setelah ada hasil dari lembaga survei, baru tim akan memutuskan siapa yang layak maju lewat koalisi ADI 1 JAYA. Disini hasil survei tidak bisa serta merta menjadi patokan Balon untuk maju, karena masih harus disinergiskan dengan 6 point dan beberapa aspek lain sehingga mampu mengerucut pada sebuah keterpaduan yang maksimal. Sehingga Balon layak tampil dan siap “Perang”.
Para petinggi 5 partai di Klaten Kompak dan Rukun
Disinggung tentang 4 partai yang akan bergabung, ditegaskan Anang, semua tidak masalah. Menurutnya hanya tinggal menunggu waktu kapan 4 partai menandatangi akta kesepakatan. karena mereka ingin bergabungnya mereka juga dideklarasikan. ”Secepatnya kita akan deklarasi 9 partai mas. Tunggu saja jika semua siap wartawan kita undang”,tegas Anang.  (get)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...