5 SMA/SMK Klaten gelar UN Online

Sekretaris Dinas Pendidikan Klaten Sudirno
Klaten mattanews.com – Dinas pendidikan Klaten Senin(13/4) tahun ini serentak akan menggelar UN yang diikuti 99 SMK/SMA baik negeri dan swasta yang ada di Klaten. Dari jumlah tersebut 8.818 siswa SMK dan 4.375 siswa SMA/MA, sehingga total siswa yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini mencapai 1.193 siswa. Dan dari jumlah sekolah tersebut ada 1 SMA dan 4 SMK yang akan menggelar ujian nasional dengan menggunakan sistim computer based tes (CBT) atau UN online.
 
Untuk 5 SMK/SMA yang akan menggelar ujian secara online, dua hari sebelum pelaksanaan sudah melakukan berbagai persiapan khusus, karena ini baru pertama kali dilakukan di Klaten. “ Khusus untuk pelaksanaan ujian nasional online, kita telah melakukan berbagai persiapan khsusus. Karena ini baru pertama kali dilakukan. Dan 5 SMK/SMA yang telah ditunjuk bisa menggelar ujian secara online sudah mendapat rekomendasi dari Badan penelitian dan pengembangan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan”, ujar Kepala Dinas Pendidikan Klaten Pantoro didampingi Sekretaaris Dinas Pendidikan Sudirno.
Mengenai sistim pengawasaan pelaksanaan UN, pantoro menjelaskan sudah dipersiapkan dengan baik dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Baik jajaran polres Klaten,PLN dan tenaga pendidik itu sendiri. Khusus dengan pihak PLN, kita meminta jangan sampai ada pemadaman listrik atau oglangan selama berlangsungnya ujian online. Dan ini kita kuatkan dengan surat resmi kepada pihak PLN.” Kita ingin ujian online yang baru pertama kita lakukan berjalan mulus dan lancar agar kedepan bisa kita tingkatkan”, ujar Pantoro.

Untuk ujian online akan diikuti siswa dari SMK 1 Klaten, SMK 2 Klaten,SMK 4 Klaten, SMA 1 Klaten dan SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Pelaksanaanya setiap hari siswa hanya mengerjakan satu mata pelajaran dan dibagi dalam tiga sesi. Dimulai tanggal 13 – 16 April dan 20 – 21 April. Sementara  secara keseluruhan UN di Klaten kali ini diikuti 16 SMA negeri dan 13 swasta. 12 SMK negeri dan 42 SMK swasta ditambah 3 MA swasta.
Sementara itu Sudirno menjelaskan semua persiapan yang menyangkut UN sudah hampir final. hari ini (Jumat 10/4) petugas dari Disdik sudah berangkat ke Kudus untuk mengambil naskah UN disebuah percetakan. Diharapkan sabtu pagi sudah sampai di Klaten, untuk selanjutnya akan disimpan ditempat yang aman dan dalam pengawasan aparat kepolisian selama 24 jam non stop." Kita akan fuul menjaga naskah ini agar benar benar aman. Dan Minggu pagi baru kita distribusikan ke sub rayon", jelas Dirno. (nov)
  
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...