12 Pejabat Pemkab Klaten Siap Berebut Kursi Sekda

Tim Pansel dari Kiri, Supriyanto, Joko Sawaldi dan Prf.Triyono
Klaten mattanews.com – Dua belas pejabat eselon IIB yang ada dilingkungan Pemkab klaten, Jawa Tengah siap bertarung memperebutkan kursi Sekda Klaten yang sudah kosong sejak 3 tahun lalu. 12 formulir sudah disebar ke 12 pejabat yang bersangkutan seiring telah dibukanya pansel seleksi calon pejabat tinggi Pratama secara terbuka dilingkungan pemkab Klaten. Pembentukan pansel sendiri mengacu pada peraturan Menpan dan reformasi birokrasi nomor 13 tahun 2014, tertanggal 27 Maret 2014, tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka.

Plt Badan Kepegawaian Daerah Pemkab Klaten Joko Sawaldi didampingi ketua tim pansel Prof. Dr.H. Triyono. MPd dan sekretaris Pansel Supriyanto.SH, menjelaskan sesuai dengan mekanisme dan tata cara, sekretaris pansel sudah mulai bekerja dan mengirim belangko pendaftaran kepada 12 pejabat eselon IIB di Klaten, yang secara normativ kepangkatan sudah memenuhi syarat menduduki jabatan Sekda. Namun sejauh mana mereka akan ikut mendaftar, tergantung yang bersangkutan apakah akan mengembalikan berkas sesuai waktu dan ketentuan atau tidak.

“Sesuai aturan kepegawaian yang baru, setiap jabatan harus dilelang, sehingga harus ada pro aktif pejabat  jika ingin menduduki jabatan, terutama di tingkat eselon IIB atau IIA  yakni kursi Sekda. Walau secara kepangkatan dan golongan yang bersangkutan sudah layak menduduki Sekda namun jika tidak mendaftar, maka dia tidak bisa diangkat menjadi sekda. Ini peraturan tentang kepegawaian yang baru, sehingga pro aktif pejabat dalam menempuh karier tergantung yang bersangkutan”, tegas Joko.
Supriyanto SH.Kabid BKD Kab Klaten
Sementara itu Sekretaris Pansel Supriyanto SH, yang juga Kabid mutasi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Klaten menjelaskan 12 belangko pendaftaran Sekda yang telah dikirim paling lambat harus diserahkan 2 minggu setelah pendaftaraan dibuka atau mulai hari ini Selasa (14/4) atau paling lambat tanggal 5 Mei 2015. Selain pendaftaran yang bersifat langsung, pendaftaran juga dilakukan secara online malalui e-mail. Namun dalam pelaksanaan ujin dokumen asli tetap harus dibawa.

Setelah semua berkas lamaran calon sekda dikembalikan, tim pansel segera menyiapkan tahap berikutnya yakni melakukan seleksi administrasi dilanjutkan tes atau ujin berikutnya yang meliputi, uji gagasan, wawancara dan rekam jejak, assessment center yang diakhiri dengan penyampaian nama calon kepada PPKD tanggal 29 Mei 2015.

Sementara tim Pansel sendiri yang dibentuk berdasarkan surat Bupati nomor 824/290/10 tertanggal 24 Maret 2015, diketuai Prof Dr.H.Triyono MPd yang juga rektor Unwidha Klaten dengan anggota Dr. Sutrisno Badri, Drs Pantoro MM, Syahruna SH, dan Dr Hersulastri M.Hum. Usai diseleksi tim pansel, calon akan diuji oleh tim asesor dari Propinsi.

“hasil tes akan diambil 3 ter atas atau terbaik, untuk selanjutnya diserahkan ke pansel dan oleh pansel dikonsultasikan atau dilaporkan pada Bupati untuk selanjutnya dikirim kepada Gubernur untuk dimintakan persetujuannya. Jika semuanya berjalan lancar diharapkan awal bulan Juni siapa nama Sekda Klaten hasilnya  sudah kelihatan”, ujar Supri.(tev)

Berikut 12 nama Calon Sekda Klaten yang akan bertarung nanti.

1.  Kepala Bapeda Klaten Drs, Bambang Sigit Sinugroho.MM Pembina Utama Muda (IV/C) dua kali menduduki jabatan eselon IIB.
2.  Kepala BPBD Klaten Sri Winoto.SH. Pembina Utama Muda (IV/C) tiga kali menduduki jabatan eselon IIB.
3. Kepala BLH (Badan Lingkungan Hidup) Klaten Ir.Tajudin Akbar Pembina Utama Muda (IV/C) dua kali menduduki jabatan eselon IIB.
4. Kepala Dinas Dukcapil Klaten Drs.Joko Sawaldi MM. Pembina Utama Muda (IV/C) dua kali menduduki jabatan eselon IIB.
5. Asisten I Sekda Klaten Drs. Purwanto AC.M.Si Pembina Utama Muda (IV/C)  empat kali menduduki jabatan eselon IIB
6. Asisten II Sekda Klaten H.Edy Hartanto.SH.MM Pembina Utama Muda (IV/C) dua kali menduduki jabatana eselon IIB.
7. Asisten III Sekada Klaten Drs. Sartiyasto.MM Pembina Utama Muda (IV/C) lima kali menduduki jabatan eselon IIB.
8. Staf ahli bid Pembangunan Sunardi S.Pd.MM Pembina Utama Muda (IV/C) dua kali menduduki jabatan eselon IIB
9. Staf ahli bid Kemasyarakatan dan SDM dr.Ronny Roekminto.M.Kes Pembina Utama Muda (IV/C) dua kali menduduki jabatana eselon IIB.
10.  Staf ahli bid Pemerintahan Drs Widya Sutrisna.Msi.Pembina Utama Muda (IV/C) dua kali menduduki jabatan eselon IIB.
11.  Staf ahli bid Ekonomi dan Keuangan Drs Sapto Aji MM. Pembina Utama Muda (IV/C) dua kali menduduki jabatan eselon IIB
12.   Sekretaris DPRD Klaten Yulihadi SH.MM Pembina Utama Muda (IV/C) dua kali menduduki jabatan eselon IIB.
    
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...