Tahun 2015 Klaten Rehab 1000 Rumah

Klaten mattanews – Tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah akan segera merehab 1000 unit rumah tidak layak huni. Dari jumlah tersebut diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp 8 milliar rupiah yang diambilkan dari dana ABPD Klaten.

Kepala Bapermas ( Badan pemberdayaan Masyarakat Desa ) Klaten Sunarno SH, menjelaskan sat ini Pemda Klaten sudah merehab 2500 unit rumah yang tersebar diseluruh wilayah Klaten. Jumlah tersebut akan terus bertambah. Tahun ini Pemda melalui Kantor Bapermas sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 8 milliar guna pembuatan atau merehab 1000 unit rumah tidak layak huni.

Lebih jauh dijelaskan, dana untuk rehab rumah yang bersifat stimulan ini tiap tahunya akan meningkat disesuaikan dengan kenaikan harga yang ada. Jika tahun lalu besar bantuan sebesar Rp 7 juta/rumah, kini meningkat jadi Rp 8 juta/rumah. 

Menurut Sunarno besar bantuan yang  diterimakan pada yang berhak tidak langsung berujud uang tunai. Hal itu mengacu pada pengalaman terdahulu, dimana bantuan tunai, sering salah sasaran. “Dalam pelaksanaannya, akan ada tim baik dari Baprmas selaku pemilik program yang akan memandu dan mengawasi, ditingkat desa akan terbentuk tim yang akan bergerak di lapangan. Sehingga program yang baik ini benar benar dapat bermanfaat bagi masyarakat”, jelasnya.

Program rehab rekon rumah tidak layak huni di Klaten ini, memang mendapat respon yang sangat baik oleh warga Klaten. Beberapa warga yang mendapat bantuan mengaku sangat terbantu dengan program ini. “ Ndisik omah kulo lemah tur gedek mas. Alhamdullilah sakniki sampun jobin lan tembok”, ujar Sarwidi warga Gunung Gajah, Bayat Klaten. ( nov)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...