SD Aisyiyah Wedi Cek Kesehatan

Klaten mattanews  – Mengingat pentingnya kesehatan di lingkungan sekolah, SD Aisyiyah Full Day, Pandes, Wedi, Kamis (12/3) mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan terhadap siswa dan karyawan. Kegiatan yang diadakan di salah satu ruang kelas di sekolah setempat ini diikuti sekitar 334 siswa dari kelas 1 s/d kelas 6. Wakasek Kesiswaan, Rahma Widyastuti mengatakan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan ini meliputi pemeriksaan gigi , mulut, pengecekan golongan darah,  serta pemeriksaan THT. Selain itu juga diadakan edukasi kesehatan tentang bahaya merokok bagi anak-anak.

Pemeriksaan gigi - SD Aisyiyah Wedi
“Dalam menyelenggarakan kegiatan ini, SD Aisyiyah Wedi bekerja sama dengan Rumah Sakit Cakra Husada Klaten. Ada sekitar 15 personil yang menangani pemeriksaan kesehatan, diantaranya dokter spesialis gigi, spesialis THT, dokter umum, tenaga laborat, serta bagian pelayanan obat,” jelasnya.

Ditambahkan Rahma, kegiatan pemeriksaan kesehatan di lingkungan sekolah khususnya SD ini sangat bermanfaat bagi  siswa. Karena di usia itu kesehatan cenderung terabaikan dan kurang terjaga. Sehingga akan berdampak siswa mudah terjangkit  penyakit. Dengan adanya kegiatan ini, hal itu bisa diantisipasi lebih dini.

“Selain diperiksa kesehatannya, para siswa juga diberi edukasi mengenai bahaya dari merokok. Oleh karenanya, diharapkan siswa-siswi di SD Aisyiyah Wedi  sadar akan bahaya merokok. Dan berani untuk menolak gaya hidup tidak sehat tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Gigi RS Cakra Husada, drg Anggun Pratiwi menerangkan, pada usia SD anak-anak memang cenderung kurang sadar akan pentingnya kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut. Kurangnya menjaga kebersihan mulut bisa berdampak pada kerusakan yang berakibat  gigi berlobang sehingga  mulut bau tak sedap serta gigi ngilu.

“Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan menggosok gigi secara rutin terutama saat bangun tidur, sehabis makan, dan  malam menjelang tidur. Selain itu menghindari atau mengurangi makan makanan yang mengandung gula berlebihan, serta kebiasaan minum es, kopi atau kebiasaan merokok,” ujar dia. Ditambahkan, orang tua dihimbau turut mengedukasi tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Khususnya terkait pola makanan  anak setiap hari. (pras/tev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...