Renovasi Stadion Harus Diikuti Perombakan Pengurus PSIK

Klaten mattanews – Satu terobosan baru diambil Pemkab Klaten dalam mengalokasikan anggaran  pembangunan. Jik tidak ada perubahan stadion Trikoyo Klaten yang sudah lebih dari 40 tidak pernah di rehab akan direnovasi. Dengan dana sebesar Rp 5 milliar yang diambilkan dari APBD tahun 2015 beberapa titik akan akan dapat perbaikan. Misalnya Peninggian permukaan lapangan, perbaikan pintu/pagar, pembuatan pagar keliling serta penataan sistim drainase dan rumput lapangan.


Renovasi Stadion Trikoyo Klaten
Stadion Trikoyo Klaten, rumputnya gundul
Namun banyak kalangan berharap renovasi perbaikan stadion berkapasitas sekitar 6000 penonton ini, hendaknya diikuti dengan perombakan pengurus PSIK (Persatuan Sepak Indonesia Klaten) sehingga prestasi sepak bola ikut “ter inovasi”. Karena kalau hanya stadionya yang direhab, tapi pengurus PSIKnya masih orang orang itu, persepak bolaan di Klaten hanya akan berkutat di turnamen antar kampung. Alias non prestasi.

Kepala Bapeda Klaten, Drs. H. Bambang Sigit Sinugroho
Kepala Badan perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Klaten Drs. H. Bambang Sigit Sinugroho memastikan stadion Trikoyo akan direnovasi pada tahun ini dengan anggaran sebesar Rp 5 milliar. Dari dana tersebut akan dipergunakan untuk, peninggian permukaan lapangan hingga 50 centimeter yang diikuti dengan perbaikan drainase lapangan termasuk penanaman rumput khusus.

Sedang perbaikan lain yang akan dilakukan meliputi, pembuatan pagar keliling lapangan, perbaikan pintu masuk, lintasan lapangan, serta tribun penonton. Sedang diluar stadion perbaikan meliputi. penataan para pedagang kaki lima yang selama ini mangkal didepan stadion. Di harapkan setelah penataan tidak akan ada lagi penjual yang mangkal didepan stadion.

Menurut Bambang pembuatan (DED) Detailed Engineering Design sendiri sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Dan prosesnya kini ada di tangan PU selaku pengeksekusi lelang pekerjaan. Tentang siapa yang akan memenangkan tender dirinya tidak. Tapi yang jelas penggarap stadion hendaknya kontraktor yang sudah berpengalaman mengerjakan stadion dan memiliki sertifikat. Termasuk menggarap rumput stadion. Karena untuk masalah rumput, tidak setiap kontraktor memiliki tim ahli dibidangnya.

“ Kita berharap dengan perbaikan ini, kondisi stadion Klaten tidak becek lagi jika turun hujan. Dan yang lebih penting lagi perbaikan ini juga akan memperbaiki prestasi atlet Klaten, khusunya cabang olah raga sepak bola”,tegasnya.   
 
Sementara beberapa mantan pemain PSIK Klaten di era tahun 1980 an menyambut baik dengan renovasi stadion. Namun bagi mereka yang lebih penting KONI serta dinas terkait harus berani melakukan perombakan pengurus PSIK yang sekarang. Karena jika stadionya baru, namun pengurusnya masih orang orang lama, jangan bermimpi Klaten punya tim tangguh di tingkat Surakarta.

“ Yang penting berani nggak KONI Klaten mengganti para pengurus PSIK. Percuma kalau yang baik hanya stadionnya, tapi pengurusnya nggak bisa mengelola sepak bola. Akhirnya banyak bakat bakat muda Klaten tak mampu berkembang. Mereka lari ke daerah lain karena ada perhatian yang lebih”, ujar salah satu mantan pemain PSIK (tev)  
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...