RAMALAN JELANG PILKADA KLATEN 2015


Para Waki Parpol rembugan kemungkinan Koalisi.
Mattanews.Co.Klaten- Setelah UU No.1/2015 berikut revisinya tentang Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) di ditetapkan dan di sahkan, maka dari masing-masing Parpol yang memiliki keterwakilan di DPRD Klaten mempersiapkan diri dengan strateginya dalam menghadapi PILKADA mendatang.
Dengan pengesahan UU Pilkada terebut, maka yang bisa dan memenuhi syarat untuk mengajukan pasangan Calon Bupati Dan Wakil hanya dari PDI P saja. Karena perolehan keterwakilan dalam legeslatif PDIP mencapai 17 kursi, sedang partai-partai lain yang ada tidak memenuhi syarat untuk pengajuan pasangan Calon dan hanya memperoleh kurang dari 20%.
Mensikapi hal tersebut masing-masing Parpol telah melakukan pendekatan dan rembugan soal koalisi, sehingga mencapai syarat untuk mengajukan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.
Adapun para wakali yang telah melakukan pendekatan dan Rembugan untuk berkolalisi adalah Parpol  dari  Golkar : 8 kursi, Gerindra : 5 kursi , PKS : 5 kursi, PAN : 5 kursi, PPP : 2 kursi, PD : 2 kursi, PKB : 3 kursi, Hanura : 2 kursi dan NasDem : 1 kursi ).
Walaupun sampai saat ini KPUD Klaten belum menjadwalkan tahapan pilkada dan para peserta PILKADA dari Parta politik dipastikan akan menunggu sosialisasi tentang tahapan PILKADA tersebut.
Bilamana KPUD Klaten telah mensosialisasikan tahapan jadwal PILKADA, maka calon Pasangan Bupati yang akan mendaftarkan ada dua sampai tiga calon. 1 (Satu) calon di hasung penuh dari partai PDIP yang telah  mencapai quorum dan syarat pengajuan mencapai 17 kursi legislative, sedang 1 (satu)  pasangan calon lain akan diajukan oleh Partai Koalisi, yaitu Partai Golkar, Gerindra, PKS, PAN dan PPP dengan jumlah 25 kursi di legislative.
Kemungkinan tambah 1 (satu) pas calon lewat jalur independent, dengan persyaratan calon independent ditambah 3,5% . ( antara 6,5% - 10% ) tergantung dari jumlah penduduk. Dari pengalaman Pilkada lalu belum ada yang mengajukan calon lewat independent.

Apabila akhirnya PILKADA Klaten hanya diikuti oleh 2 (dua ) pasangan calon, sangat dimungkinkan  akan terjadi persaingan ketat,  sehingga proses pesta demokrasi ini menjadi menarik untuk dicermati . ( tmd)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...