PNS Gunakan Pakaian Seragam Beskap


ilustrasi Pakaian Beskap Jawa Tengah (mattanews.com)


Mattanews.com-Klaten. Guna menumbuh kembangkan Budaya dan Busana Adat Jawa Tengah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah merembug pakaian adat yang benar-benar mencirikan Jawa Tengah saat Rapat Koordinasi, Kemarin.

Kepala Disbudparpora Klaten, Joko Wiyono mengusulkan pakaian budaya bercirikan Jawa Tengah berupa pakaian beskap, karena ciri Jawa Tengah merupakan kerajaan atau keraton. Dan  penggunaan pakaian adat Jawa diperuntukan pegawai negeri sipil (PNS) saat hari-hari tertentu.

“Saya usul pakaian adat Jawa Tengah berupa beskap kejawen jangkep dengan keris, bisa dikenakan saat acara besar seperti hari jadi kabupaten atau kota. Sedangkan beskap landung tanpa keris digunakan saat bekerja, misalnya bisa dipakai sebulan sekali setiap Senin Kliwon atau hari lainnya,” Jelasnya.

Selain pakaian, Joko juga mengusulkan tentang nyanyian dengan lagu Gugur Gunung yang mengandung makna semangat kebersamaan, gotong royong, ikhlas mengabdi, dan kerukunan ini di biasakan untuk di dengarkan di kantor..

“Lagu itu cocok untuk diperdengarkan setiap hari sebelum apel pagi di kantor agar menambah semangat bekerja,” imbuh dia.

 Hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut seluruh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata se-Jawa Tengah. (Agus)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...