PERAN BAHU JALAN YANG TERLUPAKAN

Oleh: Ir. Tarmudji Srigading

Bahu jalan atau tepi lunak merupakan kelengkapan jalan yang banyak mempunyai fungsi antara lain :
  1. Untuk pemberhentian kendaraan ( sementara )
  2. Dalam keadaan darurat untuk  menghindar apabila ada persimpangan ( dapat diijinkan menggunakan bahu jalan )
  3. Juga dapat berfungsi meneruskan aliran air hujan masuk ke saluran drainase, sehingga ketinggian bahu jalan tidak boleh lebih tinggi dari permukaan jalan
Untuk memperpanjang umur jalan maka bahu jalan harus memiliki kemiringan yang lebih besar sedikit (1 persen lebih besar) dari kemiringan permukaan jalan yang juga untuk mempermudah air mengalir masuk ke saluran drainase jalan,

Salah satu musuh terbesar dari keawetan struktur jalan flexible pavement adalah air ( selain juga muatan tonase yang melebihi klas jalan ) , sehingga kondisi permukaan jalan sehabis diguyur air hujan diusahakan agar segera kering, berarti drainase jalan harus berfungsi baik, dimana salah satunya adalah peran dari bahu jalan yang harus bisa meneruskan genangan air hujan dari permukaan jalan ke kiri kanan saluran drainase .

Kenyataan yang ada, ada sebagian ( karena fungsi bahu jalan yang terlupakan ), bahu jalan  berada pada posisi yang lebih tinggi dari permukaan jalan. Sebagaimana dalam gambar dibawah ini.


Bahu Jalan
Bahu Jalan

Sehingga genangan air dipermukaan jalan tidak dapat segera tuntas mengalir masuk ke saluran drainase, yang berakibat jalan tidak dapat berumur sesuai dengan umur rencana . ( tmd – mattanews )
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...