Lereng Merapi Kawasan Agropolitan

Klaten mattanews – Agropolitan adalah sebuah sistem terpadu, dimana tercipta sebuah kegiatan ekonomi yang saling menujang dan sinergis, sehingga sebuah produk industri dapat dihasilkan tanpa harus mendatangkan bahan baku dari luar atau membuang hasil produk untuk diolah diluar. Namun untuk membangun kawasan ini tidak mudah. Karena harus memiliki konsep yang matang.

Asisten I Setda Klaten
Beberapa tahun lalu konsep ini sempat digagas oleh Endang Sukerti anggota DPR RI dari partai Golkar. Namun sayang gagasan  yang dipaparkan dipendopo Kabupaten Klaten jawa tengah saat itu, tidak disertai konsep yang matang. Akhirnya walau sudah dicanangkan Agropolitan hingga kini hanya sebatas wacana dan angan angan. Bahkan tak ada satupun pejabat di Klaten yang memikirkan hal ini.
Menyambung gagasan tersebut, Asisten I Setda Klaten Purwanto Anggoro Cipto telah menciptakan master plan dan konsep matang guna membangun kawasan Agropolitan. Menurut Purwanto daerah yang paling tepat untuk dijadikan kawasan Agropolitan adalah wilayah Lereng Merapi yang ada di wilayah Kemalang atau  Manisrenggo. Hal tersebut dikarenakan faktor geografisnya yang mendukung, ditunjang daya serap tenaga kerjanya cukup potensial. 

Selama ini warga Kemalang dan Manisrenggo menjadikan pasir sebagai lahan utama untuk mengais rejeki. Pola kerja yang menggantungkan alam inilah yang harus ditata kembali, karena bagaimanapun  juga hasil bumi yang berupa galian C nantinya akan habis, belum lagi jika terjadi letusan merapi. Bisa dibayangkan mau kerja apa mereka jika hal ini terjadi.

Dengan latar belakang tersebut, maka menurut mantan kepala badan kepegawaian daerah Klaten ini sudah saatnya wilayah kemalang atau Manisrenggo dijadikan kawasan Agropolitan yang mampu menghasilkan produk unggulan dan menciptakan lapangan pekerjaan.

“ Bicara soal Agropolitan tidak sekedar wacana, tapi harus didasari konsep dan master plan yang jelas. Tanpa konsep yang matang sulit bagi kita untuk membuat kawasan Agropolitan yang benar benar mampu menjadi pusat kegiatan industri dan sosial”, ujar Purwanto

Menurut  Ketua PMI Klaten, Jawa Tengah yang kini ikut maju mendaftar sebagai calon Bupati, daerah yang paling tepat untuk Agropolitan adalah Manisrenggo atau Kemalang. Karena didaerah ini masyarakat, dan geografisnya sangat mendukung. Sebagai misal lanjut Puwanto, jika ingin mendirikan pabrik pengalengan daging, pembuatan susu kotak atau bahan pangan berbasih daging atau sayuran, ditempat ini alamnya sangt menjanjikan untuk menunjang prograam tersebut.

Daerah ini bisa dijadikan lahan tanaman sayur sayuran seperti di Cepogo karena tanahnya subur dengan ketinggian diatas permukaan laut hampir sama. Industri susu atau makanan kaleng berbasis daging, daerah ini sangat cocok untuk pengembangan ternak potong atau sapi perah. Sehingga secara teknis tidak ada masalah.

Sebagai sarana penunjang lainya, menurut Purwanto kawasan wisata Ndeles sudah saatnya digarap secara total dan mendapat sekala prioritas. Sudah waktunya Ndeles kita jadikan obyek wisata yang layak untuk didatangi wisatawan seperti kawasan Bandungan Salatiga, atau kaliurang. Jika ini cepat terwujud maka secara otomatis pertumbuhan kawasan agropolitan lereng Merapi akan berkembang pesat, yang pada akhirnya mampu meningkatkan ekonomi rakyat Klaten. (tev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...