Klaten Segera Buka Lowongan Sekda

Klaten mattanews – Setelah melakukan pengisian dan pelantikan pejabatat strukrural eselon III dan IV, Pemerintah Kabupaten Klaten jawa tengah akan segera membuka pendaftaran bagi jabatan Sekretaris daerah ( Sekda ). Pendaftaran dilakukan secara umum dan terbuka hanya untuk jajaran pejabat dilingungan Pemkab klaten. Dijadwalkan awal April lowongan dibuka dan diharapkan pertengahan Mei Klaten sudah punya Sekda baru.
Supriyanto Kabid Mutasi Pemda Klaten
P
engisian Sekda Klaten yang selama ini dijabat Plt Asisten III Bupati, Sartiyasto, dinilai berbagai pihak terlalu lama. Sartiyasto sendiri menjabat Plt sejak kursi sekda kosong ditinggalkan Indawarnto karena memasuki masa pensiun. Sejak itu selama 3 tahun Sekda Klaten hanya dijabat oleh pelaksana tugas. Dan ini sudah menjadi budaya pemerintahan Klaten. Karena sebelumnya hal sama dilakukan saat Wibowo Muktiharjo memasuki masa pensiun sebagai Sekda.
“Kami tengah mempersiapkan berkas – berkas pembukaan lowongan Sekda. Jika semua sudah selesai awal April lowongan kita buka secara terbuka namun terbatas bagi para PNS di lingkungan Pemkab Klaten. Hal ini dilakukan karena Klaten banyak memiliki PNS yang sudah layak dan mampu menduduki jabatan tersebut”, demikian ditegaskan Plt Badan kepegawaian Daerah Kabupaten Katen melalui Kepala Bidang Mutasi Supriyanto.

Dijelaskan lebih lanjut sebenarnya pendaftaran Sekda bisa dilakukan secara umum dan terbuka. Sehingga semua PNS diluar Klatenpun bisa melamar, dengan catatan eselon dan kepangkatannya memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Namun hal tersebut tidak dilakukan Pemkab Klaten, karena saat ini banyak pejabat di jajaran Pemkab Klaten yang sudah layak dan pantas menduduki jabatan tersebut. 
Menurut Supriyanto Semua calon Sekda akan melalui uji kopetensi yang dilakukan oleh tim Pansel (Panitia Seleksi).  Pansel sendiri terdiri dari berbagai unsur dengan komposisi 70 persen pihak luar dan 30 dari jajaran pemkab. Dari pihak luar terdiri dari kalangan akademisi, tokoh masyarakat serta profesional. Disamping itu akan ada tim Assesor dari propinsi sebagai penguji.

"Kami berharap Mei mendatang kita sudah punya Sekda baru. Hal ini penting, karena guna kelancaran administrasi pemerintahan, juga menggerakkan gerbong pengisian jabatan baru, karena saat ini ada 5 jabatan eselon IIB yang masih kosong dan hanya diisi oleh pelaksana tugas”, ujar Supri.(tev)  
.     
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...