Klaten Kekurangan Tempat Tidur Pasien

Klaten mattanews – Saat ini Klaten ternyata masih kekurangan sekitar 500 unit bed untuk orang sakit. Bed (tempat tidur) di rumah sakit yang ada di seluruh wilayah Klaten, Jawa Tengah saat ini  hanya sekitar 805 unit. Padahal dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta jiwa, idealnya harus ada sekitar 1300 tempat tidur. Kekurangan tersebut diharapkan akan segera terpenuhi seiring akan segera beroprasinya Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Bagas Waras yang terletak di Kelurahan Buntalan Klaten Tengah.


dr. Limawan Mkes, Direktur ESUD Bagas Waras Klaten
dr. Limawan Mkes, Direktur ESUD Bagas Waras Klaten
Direktur RSUD Bagas Waras Klaten dr. Limawan Mkes menjelaskan saat ini Klaten memang masih kekurangan bed bagi orang sakit. Jumlah bed yang ada saat ini masih jauh dari angka ideal. Sehingga jika terjadi kejadian luar biasa yang memerlukan penanganan pasien dalam jumlah besar, dapat dipastikan rumah sakit yang ada di Klaten tidak mampu mengatasi.

  Dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta jiwa, seharusnya Klaten memiliki bed untuk pasien minimal 1300 unit, atau satu banding seribu. Tapi kenyataanya hingga saat ini dari seluruh rumah sakit yang ada di Klaten hanya ada sekitar 850 unit tempat tidur. Mudah mudahan dengan segera beroprasinya RSUD Bagas Waras di kelurahan Buntalan, Klaten Tengah, sebagian kekurangan  dapat segera teratasi”, ujarnya.

Menurut dr Limawan, sebagai rumah sakit tipe C RSUD Bagas waras, nantinya akan memiliki 254 unit bed pasien, mulai dari kelas VVIP hingga kelas III. Sehingga dengan penambahan  bed, jumlah tempat tidur yang ada di rumah sakit Klaten menjadi 1104 unit. Sementara RSUD sendiri rencananya baru akan melakukan kegiatan medisnya pada pertengahan 2015 nanti. Saat ini Dinas Kesehatan Klaten masih melakukan penataan personil. Mulai dari tenaga administrasi, medis serta persiapan lainya.(viavia)      
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...