Gara Gara Hujan Ribuan Ikan Mati

Klaten mattanews – Hujan yang turun dengan intensitas tingga dalam sepekan terakhir ini, membuat ribuan ikan milik petani ikan di wilayah Kecamatan Polanharjo, Klaten jawa Tengah mati mendadak. Meningkatnya kadar air dalam kolam membuat ikan sulit bernafas. Akibat musibah tersebut petani ikan di wilayah Polanharjo mengalamai kerugian hingga ratusan juta.


Ikan di kolam ikan Polanharjo banyak yang mati karena hujan
Kolam ikan, Polanharjo, Klaten
 Ikan yang mati dari berbagai jenis. Mulai ikan jenis Tawes, Mujahir, Bawal hingga kakap dari berbagai ukuran. Mulai dari yang dalam proses pembibitan hingga akan panen. Semua mati mengambang dikolam. Wargapun akhirnya bergotong royong untuk mengubur bangkai ikan, karena bau busuk mulai mengganggu warga sekitar kolam.  

Subagyo, salah satu petani ikan menjelaskan akibat hujan yang turun terus menerus tanpa henti dalam seminggu terakhir ini, membuat ribuan ikan peliharaanya mati dan akhirnya gagal panen. Akibat musibah tersebut dirinya mengalami kerugiaan total sekitar Rp 100 juta.

” Seluruh ikan yang ada dikolam saya, nyaris mati semua. Mulai dari yang masih dalam pembibitan hingga siap panen. Sebagai antisipasi tambahnya angka kematian, kami langsung melakukan garamisasi, dalam upaya menurunkan kadar asam dalam kandungan air”, ujarnya.

Kepala Desa Jimus, kecamatan Polanharjo Harjono menjelaskan musibah yang disebabkan sering naiknya kadar asam pada kolam warga disaat musim penghujan, hampir setiap tahun ada. Namun untuk kali ini jumlah korban serta kerugian yang ditimbulkan cukup besar. Sehingga dirinya berharap Pemkab dalam hal ini Dinas Pertanian dan perikanan  Klaten segera memberikan pengarahan sekaligus bantuan bagi petani ikan yang mengalami musibah. “ Kita berharap Dinas terkait untuk segera memperhatikan nasib petani ikan di Polanharjo, agar mereka cepat bangkit”, ujarnya.(nov)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...