Dukcapil Klaten Butuh 30 Tenaga IT


Klaten mattanews – Dinas Kependudukan dan catatan sipil Klaten Jawa Tengah hinga saat ini memiliki produksi akte dan E-KTP cukup tinggi. Sedikitnya 250 akte setiap hari dicetak tanpa dipungut beaya atau gratis, selama semua persyaratan terpenuhi.  pembuatan akte dapat dikerjakan dalam waktu 1 hari. Namun saat ini Dukcapil masih kekurangan tenaga profesional. Menurut Kepala Dinas Dukcapil Klaten Joko Sawaldi instansi yang dipimpinnya masih membutuhkan sekitar 30 personel yang mahir IT.

“ Saat ini kita masih sangat kekurangan tenaga oprasional yang berlatang belakang sarjana IT. Keterbataasan personil inilah yang terkadang mengganggu proses pelayanan pembuatan Akte atau KTP. Apalagi kita juga mengerahkan pelayanan Akte dan E-KTP keliling hingga pelosok desa secara gratis”, ujar sang mantan Kepala Dianas Perhubungan ini.

Menurut Joko Jumlah produksi Akte dan E-KTP di Klaten masih mampu ditingkatkan secara maksimal, namun semua terkendala keterbatasan tenaga.  Menurut Joko dengan jumlah produksi yang lumayan tinggi Dukcapil Klaten idealnya mamiliki prsonel sedikitnya 80 orang. Namun saat ini baru ada 50 tenaga. Sehingga masih membutuhkan sekitar 30 tenaga yang ahli dibidang komputer.

Dijelaskan lebih lanjut Dukcapil akan terus memberi pelayanan terbaiknya. Salah satunya dengan mengoprasikan satu unit mobil keliling yang didukung dengan 10 personel, terus melakukan pelayanan keliling keseluruh pelosok wilayah Klaten. Lewat layanan ini masyarakat dapat mendapatkan Akte ditempat tanpa dipungut beaya atau gratis, selama semua persyaratan yang diperlukan dapat dipenuhi.

“ Kita juga melayani masyarakat langsung lewat layanan mobil keliling. Namun karena anggaran masih sangat terbatas, yakni Rp 100 juta/tahun. Jumlah desa yang kami jangkau juga belum maksimal. Kami berharap ke depan pemerintah dapat memihaki lebih besar lagi, sehingga pelayanan pada masyarakat dapat maksimal”.tegasanya. (tev)


Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...