Dalam Waktu 5 Menit Bencana Sudah Terdekteksi.


Klaten mattanews – Kantor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Klaten Jawa Tengah telah dinobatkan sebagai kantor BPBD bertaraf Internasional pertama di Indonesia. Lantas Seperti apakah alat yang mampu mendekteksi kebencanaan secara dini tersebut.
BPBD Klaten
Pusdalops (pusat Pengendalian Operasi) BPBD Klaten
Ruang Pusdalops (pusat Pengendalian Operasi) hanya berukuran 4 X 6 meter. Namun didalam dengan pendingin AC dan ruangan yang serba kaca tersebut terdapat alat alat Pusdalops yang mampu mendekteksi seara dini dan cepat setiap kejadian kebencanaan di wilayah Klaten. Sehingga hanya dalam waktu tak lebih dari 10 menit, kondisi kebencanaan yang terjadi sudah dapat terpantau dan langsung bisa diketahui kantor BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) di Jakarta.
“Dengan alat tersebut kit mampu mendeteksi secara dini dan cepat setiap terjadi bencana di wilayah Klaten. Alat ini berfungsi memantau semua data data kebencanaan serta data informasi yanag ada di Klaten secara cepat dan akurat. Sehingga begitu terjadi bencana data di tempat kejadian langsung masuk ke Pusdalops untuk selanjutnya dilakukan langkah selanjutnya”, demikian dijelaskan Kepala BPBD Klaten Sri Winoto didampingi Kasi Kedaruratan S.Eko Pambudi. Sip.
Didalam ruangan dengan peralatan canggih senilai Rp 1,3 milliar bantuan dari BNPB pusat ini lanjut Sri Winoto, semua kejadian langsung bisa dilaporkan Bupati. Untuk selanjutnya Bupati akan menentukan langkah yang perlu diambil. Dengan alat ini pula lanjut Winoto semua kejadian dilokasi bencana dapat diketahui kantor BNPB pusat dengan waktu tidak lebih dari 10 menit.
Sebagai kantor BPBD bertaraf Internasional, peralatan yang dimiliki cukup memadai. Mulai dari, peralatan selam, armada evakuasi, perahu karet, alat pemantau gunung Merapi, pemantau banjir, hingga perangkat IT tercanggih. Peralatan tersebut masih akan ditambah armada ambulance, serta peralatan lain, seperti yang dijanjikan Kepala Pusat Kehumasan BNPB Prof Sutopo Purwo.Msi saat meresmikan kantor ini.( nov )   
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...