Bisnis Akik Rambah Wartawan Klaten



Klaten mattanews – bisnis batu akik atau batu mulai akhir akhir ini telah menjadi bomming di berbagai daerah di Indonesi. Muncul nama nama daerah penghasil batu berkualitas, seperti Cianjur Jawa barat, Banten, Kalimantan, Aceh  Purbalingga dan masih banyak lagi. Padahal sejak dulu brand penghasil batu akik hanya milik Pacitan, Jawa Timur. Kini nama penghasil batu mulia tempat kelahiran mantan presiden SBY justru tenggelam bak ditelan bumi.    

Bisnis batu akik kini bukan barang remeh, jika dulu orang memandang sebelah mata para pedagang akik di sepanjang jalan, kini semua berubah total. Bisnis akik justru mewabah di kalangan menengah keatas. Nggak peduli Polisi, pejabat, direktur, dokter atau jaksa, mereka berbondong bondong ikutan berburu batu mulai atau sekedar bisnis. Maka tak heran jika saat ini banyak orang yang keluyuran ke gunung gunung atau menjelalahi sungai hanya untuk berburu batu mulia yang bernilai jual tinggi.

Di Klaten trend batu akik sudah merabah  disemua kalangan. Tidak hanya pejabat dan politisi, beberapa wartawan di Klatenpun kini ada yang banting setir menjadi makelar sekaligus pemburu batu akik. Jika lagi mujur bisnis ini bisa menghasilkan uang sebesar Rp 5 juta/hari.

“ Kalau saya belum total terjun bisnis batu akik. Tapi sering diajak temen untuk mencarikan batu mulai untuk diolah menjadi batu akik. Lumayan mas jika pas tidak ada liputan langsung bisa total berburu batu, tapi jika ada pekerjaan, kerja sambil nyambi bisnis akik”, ujar Marji Bunder kaes salah satu wartawan di Klaten.

Menurut Marji saat ini banyak orang pesen batu mulia darinya. Mulai dari jenis panca warna, badar lumut, tali Maya, Bacan sampai kecubung. Tapi tidak semuanya dapat dilayani, karena untuk mendapatkan batu berkualitas memang tidak mudah. Biasanya dirinya hanya menghubungi beberapa koleganya jika mendapatkan order batu yang berkualitas. Seprti Bacan atau Panca warna.” Jika memang mendesak ya terpaksa cari carikan keluar kota, ke Banten atau Tasikmalaya”, ujarnya.
Hasil dari bisnis baru yang digelutinya memang belum dapat menghasilkan harapan maksimal. Namun dirinya tetap enjoy melakukan karena didasari hobi dan senang koleksi batu akik.(nov)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...