Bapermas Sosialisasi PNPM

Klaten mattanews - Kamis (05/03) di gedung pendapa Pemkab Klaten Jawa Tengah, diselenggarakan SOSIALISASI PERATURAN BUPATI ( Perbup ) Klaten Nomor 36 tahun 2014 tentang Pelestarian dan Pengendalian Aset Hasil Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan dan atau Program Pengembangan Kecamatan (PPK).

Sunarno, Plt. Kepala Bapermas Klaten

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) setempat diikuti oleh sekitar 500 peserta tersebut, juga mensosialisasikan Keputusan Bupati Klaten Nomor 414.4/61 tahun 2015 tentang Lokasi dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2015 serta Peraturan Gubernur Jateng Nomor 27 tahun 2015 tentang Bantuan Keuangan Kepada Desa di Propinsi Jateng.

Plt.Kepala Bapermas Klaten Sunarna mengatakan, kegiatan sehari diikuti oleh sekitar 500 orang dari unsur Camat, KepalaDesa, Koordinator PNPM dan lain-lain itu antara lain dimaksudkan untuk  melestarikan aset yang dihasilkan selama kegiatan PNPM MP dan PPK selama ini agar dapat tetap bermanfaat bagi masyarakat. Karena secara resmi kegiatan PNPM oleh pemerintah dinyatakan telah berakhir pada Desember 2014 lalu.
Pelestarian aset PNPM di Klaten
Pelestarian aset PNPM Klaten
Hubungannya dengan ADD, Sunarna yang juga kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) mengatakan, keseluruhan dana  yang disiapkan tahun 2015 sebanyak Rp. 16 milyar untuk seluruh desa yang ada di daerah setempat. Besaran dana yang dialokasikan tidak sama didasarkan luas wilayah, jumlah penduduk dan lain-lain hasil pendataan yang dilakukan oleh Kantor Statistik setempat.

Dalam Keputusan bupati tentang Lokasi dan Alokasi ADD terdapat angka peroleh bantuan masing-masing besarnya antara Rp 33 juta lebih hingga hampir Rp 70 juta. Angka terkecil diperuntukkan bagi desa Nganjat kecamatan Polanharjo sebanyak Rp 33 juta lebih, terbanyak desa Krakitan kecamatan Bayat sebanyak Rp 69 juta lebih disusul desa Jimbung kecamatan Kalikotes Rp. 60 juta lebih.(han/tev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...