Aturan Baru: Masa Tenggang Habis SIM 3 Bulan

Klaten mattanews – Pemberitahuan bagi para pemilik Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang akan habis masa berlakunya. Karena terhitung sejak pertengahan Februari 2015, Kepolisian dalam hal ini bagian lalu lintas mengeuarkan kebijakan barau tentang masa tenggang pembuatan SIM setelah habis masa berlakunya. Jika tahun lalu masa tenggang 1 tahun setelah SIM dinyatakan tidak berlaku, mulai Februari masa tenggang hanya 3 bulan. Lebih dari 3 bulan pemilik SIM harus mencari dari awal seperti mencari SIM baru.

Kasat Lantas Polres Klaten AKP Ari Tristiwan SH.SIK didampingi Baur SIM Aiptu Joko Sutikno menjelaskan pembatasan masa tenggang SIM setelah habis masa berlakunya dimaksud guna efektifitas dan kelancaran pelayanan pada masyarakat. Dengan demikian pelayanan pada masyarakat dapat lebih ditingkatkan. “ Yang jelas kami ingin memberi pelayanan terbaik pada masyarakat”, ujar Kasat.   

Selain pembatasan masa tenggang pengurusan SIM lanjut Kasat hal yang perlu diketuhi masyarakat ialah upaya Polri dalam hal ini kesatuan lalu lintas yang terus melakukan pembenahan kedalam guna memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat. Saat ini gerakan difokuskan pada program pelayanan bersih dari percaloan,  yang  mencangkup semua bidang. Mulai dari pengurusan SIM, STNK, BPKB dan lainya.

Guna menunjang program tersebut beberapa hal kini terus dibenahi satuan  selempang putih ini. Diantaranya, pemantauan sekalaigus pemantapan sikap mental personil, penataan metode sesuai prosedur, penataan sarana dan prasarana, meliputi ruang tunggu, ruang antar serta penyediaan lahan parkir yang nyaman. Serta adanya pengawasan langsung.
 
Dengan pengetrapan program ini, diharapkan masyarakat pencari SIM dapat memperoleh surat ijin mengemudi dengan cara yang benar. Dalam arti tahu tata tertib lalu lintas, mahir mengemudi dan mengenal tentang rambu rambu lalu lintas secara benar. Lantas Polres Klaten juga menyediakan pelatihan gratis bagi para pemohon. Mereka akan dibimbing petugas hingga benar benar mampu berkendaraan yang benar dan baik. ( nov )

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...