Tunggakan E-KTP Selesai Maret



Klaten mattanews -  Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Klaten hingga saat ini masih memiliki sekitar 8000 tunggakan E-KTP tahun 2014. Ditargetkan Maret tahun ini semua tunggakan tersebut dapat diselesaikan. Sehingga mulai April mendatang E-KTP berdasarkan rekam data bulan Januari 2015 sudah bisa dicetak.
“ Selama ini kami masih mencetak E-KTP berdasar rekam data tahun 2014. Terlambatnya pembuatan E-KTP dikarenakan saat itu semua yang berkaitan dengan E-KTP menjadi kewenangan pusat, baru pada akhir Desember 2014 diserahkan ke Pemerintah daerah, sejak itu Dukcapil Klaten baru bisa mencetak E-KTP. Dengan kebijakan baru tersebut maka kantor Dukcapil Klaten optimis mampu menyelesaikan tunggakan E-KTP thun 2014 akhir Maret mendatang”, tegas Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Klaten Joko Sawaldi. 
Saat ini lanjut Joko, di Klaten ada sekitar 1,1 juta wajib E-KTP. Dari jumlah tersebut sekitar 900 wajib E-KTP atau sekitar 85 persen sudah terlayani. Beberapa faktor keterlambatan warga dalam kepemilikan E-KTP antara lain, mereka sibuk bekerja, Boro ( merantau), sakit, ditambah setiap hari ada penambahan umur.
Saat ini personil yang ada di kantor Dukcapil Klaten hanya sekitar 50 orang. Dengan jumlah produksi E-KTP dan akte yang tinggi, jumlah tersebut dirasa masih jauh dari kurang. Idealnya Dukcapil Klaten memiliki 80 personil atau butuh tambahan 20 tenaga profesional yang mahir di bidang IT. Dengan tambahan tenaga tersebut maka diharapkan mulai April mendatang pelayanan E-KTP di Klaten dapat berjalan normal dan proses pembuatan dapat dilakukan dalam waktu 14 hari.(tev)    

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...