Mengenal Titik Nol Kilometer Semarang

 Titik Nol Kilometer Semarang (photo Mamby/Mattanews)


Semarang, Mattanews.
Tiap daerah pasti mempunyai Titik Nol Kilometer sebagai penanda jarak dari pusat kota ke kota lain dan juga sekarang berkembang fungsinya jadi objek wisata atau foto-foto selfie dan bisa diunggah ke media sosial sebagai bukti bahwa seseorang sudah menginjakkan kaki di kota tersebut. Namun, banyak yang salah jawab saat ditanya tentang Titik Nol Kilometer Semarang. Pastilah orang mengira bahwa Titik Nol Kilometer Semarang berada di Tugu Muda yang berhadap-hadapan dengan Lawang Sewu dan Wisma Perdamaian (Rudin Gubernur Jateng) dan sebagian lagi beranggapan Simpang Lima yang merupakan alun-alunnya Kota semarang dengan segala hiruk pikuknya. 

Kedua tempat itu memang merupakan ikon bagi kota Lunpia, namun bukan Titik Nol Kilometer Semarang. Lalu dimana sebenarnya Titik Nol Kilometer Semarang berada? Di tengah taman di Jl. Pemuda (semula Jl. Bojong) yang juga berhadapan dengan Kantor Pos Besar Kota Semarang lah, Titik Nol Kilometer Semarang berada.

Berbeda dengan  Titik Nol Kilometer Jogja yang bentuknya lebih besar, tetenger kota Semarang ini nampak benar-benar mungil dan hampir tertutup tanaman di sekitarnya. Jadi wajar saja bila wisatawan kesulitan menemukannya, bahkan warga asli Semarang pun belum tentu tahu keberadaannya. Bahkan jika musim air laut pasang dipastikan kawasan sekitar  Titik Nol Kilometer Semarang ini tergenang rob yang menyebabkan Paving bergeser dan saat kering banyak tertumpuk lumpur dan menambah makin tidak diliriknya salah satu ikon kota Semarang ini. (mby)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...