Tidak Ada Kalender Merah Bagi BPBD


Klaten mattanews – BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) adalah garda terdepan didalam penanganan bencana di daerah. Misi utama BPBD adalah meringankan dan meminimalisir sekecil mungkin jatuhnya korban dalam sebuah bencana. Dengan misi dan tugas yang mulia ini, maka tidak ada istilah tanggal merah bagi jajaran BPBD. Kapan saja dimana saja petugas BPBD siap diterjunkan ketika timbul becana. Penegasan ini disampaikan Kepala Puasat Humas BNPB Indonesia Prof Sutopo Nugroho Msi, saat meresmikan BPBD Klaten sebagai kantor BPBD bertaraf Internasional di Indonesia.  
“ Saya berharap tidak ada kalender merah bagi BPBD. Karena kita bekerja tanpa mengenal waktu. Ingat bencana datangnya tidak terduga. Dan pengalaman selama bencana justru sering terjadi pada saat hari libur atau minggu, misalnya kejadian tsunami Aceh, Gempa Yogyakarta atau erupsi Merapi. Tapi walau hari libur petugas BPBD mampu langsung bergerak cepat bekerja membantu penanganan bencana.  Maka tidak ada istilah tanggal merah bagi jajaran BPBD baik ditingkat daerah atau pusat”, tegasnya.
Sementara itu menyinggung kesiapan anggaran kebencanaan yang ada, menurut pejabat asli Boyolali jawa Tengah ini, masalah dana bencana Nasional tidak ada masalah dan terus meningkat jumlahnya. Bahkan pada tahun 2015 ada peningkatan hingga 300 persen dibanding tahun tahun sebelumnya. Ini pertanda Pemerintah kita begitu serius dalam menangani kebencanaan di tanah air.
Saat ini dana penanggulangan bencana Nasional mencapai angka Rp 1,6 hingga Rp 2 triliun. Sedang dana cadangan penanggulangan bencana sebesar Rp 4 triliun.  Dimana dari dana tersebut Rp 2,5 triliun siap digunakan dan Rp 1,5 triliun merupakan dana rehabilitasi.(tev)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...