DI Tangan Pemkab Realisasi PBB Meningkat



"Realisasi PBB setelah diserahkan ke Pemkab lebih baik," kata
 Kepala DPPAD Pemkab Klaten Sunarno


Mattanews – Klaten; Realisasi Pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kabupaten klaten meningkat secara signifikan setelah diserahkan dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten. Tahun 2012 Sebelum diserahkan  realisasi hanya 64,5 persen, setelah diserahkan meningkat menjadi 74,2 persen. Demikian dikemukan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Asset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Klaten, Sunarno kepada Mattanews.com Senin (9/2).
Secara resmi pengelolaan PBB diserahkan ke pemerintah kabupaten pada tahun 2013, dan pada tahun  tersebut baik baku PBB maupun realisasi pajaknya meningkat. Menurut baku PBB tahun 2012 Rp 18,9 M dan realisasi Rp 11,5 M atau sebesar 64,5 persen. Setelah di kelola Pemerintah Kabupaten Klaten, tahun 2013 Baku PBB menjadi Rp 18,3 M dengan realisasi Rp 13,6 M atau sebesar 74,2 persen.
Hal serupa juga terjadi pada tahun 2014 dari baku PBB Rp. 23,3 M terrealisasi Rp 17,3 M atau sebesar 74,4 Persen. “Jadi untuk tahun 2014 persen ada peningkatan baku pajak, realisasi dan prosentasinya,” ujar Sunarno.
Menurut Sunarno peningkatan signifikan ini terjadi karena ada peningkatan kesadaran aparatur daerah mulai dari pelaksana lapangan, lurah, camat sampai staf Pemerintah Kabupaten. “Mereka sadar bahwa pendapatan ini seratus persen sumber pendapatan kabupaten Klaten,” tegas Sunarno.
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...