Nilai Rapor Tak Cukup Untuk Evaluasi Pelajaran Kesenian



"Nilai Rapor Tidak Memadai Untuk Megevaluasi Pelajaran Kesenian"

 Mattanews – Klaten; Pembinaan siswa sekolah tidak bisa hanya diewaluasi dengan nilai rapor, pentas pertujukan, pameran karya dan sejenisnya sangat penting dan dibutuhkan, demikian dikemukaan artis senior Asli Klaten Yati Pesek kepada Mattanews, Sabtu (28/2). “Sesederhana apapun presentasi berkesenian dalam bentuk pentas ataupun pameran sebuah karya seni untuk mengevaluasi hasil pengajaran ataupun pembinaan kesenian siswa sekolah sangat penting,” imbuhnya di belakang panggung pentas wayang orang di aula SD Kristen 3 Klaten.
Menurutnya pengajaran dan pembinaan kesenian dan kebudayaan daerah sangat penting. Sebab menurutnya saat ini penanaman dan pemahaman tentang kebudayaan generasi muda sangat meprihatinkan. “Budaya menghargai dan bersikap kepada oran yang lebih tua sangat memprihatinkan. Saya sudah tidak pernah mendengar dan melihat ‘kulonuwun.....’, ‘nyuwun sewu...’ dan sejenisnya,” imbuhnya komedian senior ini.
Oleh karena itu menurutnya pembinaan yang dievaluasi dalam sebuah pentas seperti ini sebenarnya sangat penting. “Ini sangat membantu pemerintah untuk menanamkan karakter dan watak,’ tuturnya sambil sesekali menyeka keringatnya. Yati Pesek berharap Klaten dalam hal ini pemerintah Kabupaten Klaten bisa memberikan perhatian yang lebih untuk pembinaan kesenian dan kebudayaan bagi generasi muda, mulai dari play group hingga SMA.
“Pentas-pentas seperti ini, yang diselenggarakan Playgroup, dan TK Kridawita , SD Kristen 3, dan  SMP Kristen 1 sangat perlu. Secara periodik proses pembinaan dievaluasi dalam bentuk pementasan semacam ini,” tuturnya. Menurutnya jika satu sekolah menyelenggaraan pentas terlalu berat bisa dilakukan pentas secara kolektif. (045)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...